Terungkap! Ini Alasan Hunian DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa Disewakan untuk Kosan

Minggu, 25 Juni 2023 - 19:02 WIB
loading...
Terungkap! Ini Alasan Hunian DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa Disewakan untuk Kosan
DPRKP DKI Jakarta telah meminta penjelasan dari pemilik hunian DP 0 Rupiah Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang ingin menyewakan unitnya untuk kos-kosan. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta telah meminta penjelasan dari pemilik hunian DP 0 Rupiah Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang ingin menyewakan unitnya untuk kos-kosan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Retno Sulistyaningrum mengatakan, berdasarkan keterangan dari pemilik unit berinisial H, yang bersangkutan terkendala kondisi keuangan karena terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Sang istri kemudian memasarkan unit rumah DP 0 Rupiahnya menjadi kos-kosan.

"Saudara H selaku kepala rumah tangga terkena PHK yang berpengaruh kepada penghasilan keluarganya, sehingga merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan penghasilan istrinya terkena auto debet cicilan KPR di setiap bulannya," kata Retno dalam keterangannya, Minggu (25/6/2023).


Retno menjelaskan, H terkena PHK sejak Maret 2023. Kendati begitu, H mengakui kesalahan istrinya yang telah menawarkan hunian rumah DP 0 Rupiah tersebut untuk sewa/kost pada 16 Juni 2023.

"Dikarenakan kebutuhan biaya hidup yang makin besar, membuat yang bersangkutan berniat mengontrakkan unit hunian tersebut kepada pihak lain yang dipasarkan melalui sosmed guna mencari penghasilan tambahan bagi keluarganya," bebernya.

Walaupun terdapat kesalahan, Retno menyebutkan pihaknya tidak tidak dapat memberikan sanksi administrasi kepada H dikarenakan sudah tidak sanggup kembali menempati huniannya.

Sebelumnya, beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan rumah DP 0 Rupiah Pondok Kelapa ditawarkan untuk sewa indekos . Video itu diunggah di akun Instagram, namun kini postingan itu telah dihapus.


Dalam video yang diunggah itu memperlihatkan gambar ruangan dari rumah DP 0 Rupiah yang akan disewakan untuk menjadi kos-kosan. Ruangan itu mulai dari toilet, kamar hingga beberapa fasilitas elektronik.

"Rumah sewa apartemen murah di Jakarta Timur," tulis narasi dalam video tersebut. Dalam video itu juga menjelaskan kelengkapan rumah dan isi yang didapat bagi penyewa sebagai kos-kosan.



"Kalian yang lagi cari kosan yang nyaman dan harganya murah, rekomendasi kos murah di Jakarta Timur. Kamar mandi di dalam, sudah ada kulkas dan kitchen set," katanya.

“Dengan fasilitas sebagus itu, sewa atau ngekos di apartemen ini cuma Rp1 juta free IPL,” tutup orang yang di video itu.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)