Jelang Iduladha 2023, Ribuan Hewan Kurban di Jakarta Utara Diperiksa

Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:49 WIB
loading...
Jelang Iduladha 2023, Ribuan Hewan Kurban di Jakarta Utara Diperiksa
Tim kesehatan tengah memeriksa sapi kurban untuk memastikan kesehatan hewan menjelang Iduladha. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Suku Dinas Ketahanan Pangan , Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Jakarta Utara melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ribuan hewan kurban . Hal itu dilakukan menjelang perayaan Iduladha 1444 Hijriyah/2023 Masehi.

Kasudin KPKP Jakarta Utara Unang Rustanto mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap 77 lokasi penampungan hewan kurban yang tersebar di Jakarta Utara dengan lebih dari 4.000 ekor hewan kurban.



"Hasil pemeriksaan yang dimulai dari 5 Juni 2023 sampai hari ini tercatat sudah ada tempat penjualan hewan di Jakarta Utara sebanyak 77 lokasi. Jumlah hewan yang telah diperiksa kesehatannya sebanyak 4.633 ekor," kata Unang di Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Dijelaskan Unang, hingga saat ini total sudah ada sebanyak 2.838 ekor sapi, 1.610 ekor kambing, dan 185 ekor domba yang diperiksa kesehatannya. Dia mengatakan, tidak ditemukan masalah terhadap hewan kurban yang diperiksa.



"Sampai saat ini tidak ditemukan hewan yang sakit antraks, penyakit mulut dan kuku (PMK) maupun bentol pada kulit sapi/kerbau (Lumpy Skin Disease/LSD)," kata Unang.

Unang menuturkan, selama ini pengawasan terhadap hewan kurban di Jakarta Utara mencakup pemeriksaan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH), pemeriksaan fasilitas tempat penjualan, serta pemeriksaan fisik kesehatan kelayakan hewan.

Unang menambahkan, dari total ribuan ekor hewan kurban yang sudah diperiksa, ada lima ekor yang mengalami gejala kurang nafsu makan. Gejala ini muncul akibat hewan-hewan tersebut tertekan selama dibawa dalam perjalanan.



"Terhadap kelima hewan ini akan diobati dengan pemberian avitaminosis," ucapnya.

Unang menambahkan, terdapat delapan ekor hewan belum cukup umur yang direkomendasikan untuk tidak dikurbankan dan dua ekor hewan terkena infeksi kulit.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)