6 Perbedaan Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol, Nomor 1 dan 2 Paling Mencolok

Sabtu, 27 Mei 2023 - 07:30 WIB
loading...
6 Perbedaan Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol, Nomor 1 dan 2 Paling Mencolok
Wisatawan asing saat menikmati jelajah bawah laut di Lorong Antasena, Sea World, Ancol, Jakarta. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Jakarta Aquarium & Safari dan Sea World Ancol adalah dua tempat wisata akuarium yang populer di Jakarta. Keduanya memiliki beragam jenis ikan, hewan laut, dan atraksi yang menarik.

Meskipun keduanya menawarkan pengalaman yang serupa, ada beberapa perbedaan antara Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol yang perlu diperhatikan.



1. Lokasi

Lokasi adalah perbedaan utama antara Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol. Jakarta Aquarium terletak di pusat perbelanjaan Neo Soho, Jakarta Barat.

6 Perbedaan Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol, Nomor 1 dan 2 Paling Mencolok

Jakarta Aquarium. Foto: SINDOnews

Sementara Sea World Ancol berada di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Jakarta Aquarium memiliki kelebihan dari segi lokasi yang lebih baru dan modern, serta memiliki banyak spot foto menarik.

Sedangkan Sea World Ancol terletak di dekat pantai yang memiliki pemandangan laut yang indah.

2. Ukuran

Ukuran Jakarta Aquarium memang terlihat lebih kecil dibandingkan Sea World Ancol. Jakarta Aquarium merupakan akuarium dalam ruang yang memiliki tiga lantai. Dengan total luas 1 hektare, Jakarta Aquarium menawarkan pengalaman yang lebih intim dan teratur.

Sedangkan Sea World Ancol memiliki luas 3 hektare dan menampilkan biota dalam 28 display yang terbagi atas sembilan akuarium perairan tawar, 19 akuarium, serta empat kolam terbuka.



3. Koleksi dan Atraksi

Koleksi adalah perbedaan lain antara Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol. Jakarta Aquarium menampilkan ikan dan hewan laut dari seluruh dunia, termasuk hewan langka seperti hiu paus dan ikan paus biru. Jakarta Aquarium juga menampilkan pertunjukan air mancur yang menakjubkan dan atraksi lainnya.

Sea World Ancol, di sisi lain, menampilkan hewan laut asli Indonesia seperti dugong, hiu martil, dan penyu. Sea World Ancol juga menampilkan pertunjukan lumba-lumba yang menarik dan atraksi lainnya.

4. Jumlah Koleksi

Jakarta Aquarium memiliki kurang lebih 3.500 spesies hewan akuatik maupun satwa lainnya yang bisa dilihat secara langsung dan lebih dekat. Sementara Sea World Ancol memiliki koleksi lebih banyak.

Terdapat sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan dan 1 jenis reptil di Sea World Ancol. Sedangkan biota perairan laut yang dimilikinya berjumlah 11.500 ekor biota, terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

5. Harga Tiket

6 Perbedaan Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol, Nomor 1 dan 2 Paling Mencolok

Salah satu jenis atraksi binatang laut di Sea World Ancol. Foto: SINDOnews

Harga tiket masuk Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol juga berbeda. Tiket masuk Jakarta Aquarium kategori reguler akhir pekan Rp166.200 untuk dewasa dan Rp142.500 untuk anak-anak.

Sedangkan tiket masuk Sea World Ancol sebesar Rp130.000 di akhir pekan. Harga tiket masuk Sea World Ancol sudah termasuk tiket masuk Ancol.

6. Fasilitas

Jakarta Aquarium dan Sea World Ancol juga memiliki fasilitas yang berbeda. Jakarta Aquarium menawarkan wahana virtual reality, restoran yang luas, lorong yang dikelilingi akuarium, serta otter tunnel.

Sea World Ancol juga mempunyai spot menarik, seperti tunnel atau terowongan yang dikelilingi akuarium raksasa. Selain itu, pengunjung Sea World juga bisa menikmati permainan air dan pantai pasir putih yang indah yang berada di area Ancol. Sea World Ancol juga memiliki hotel dan restoran yang terletak di sekitar area wisata.



Secara keseluruhan, baik Jakarta Aquarium maupun Seaworld Ancol menawarkan pengalaman yang unik dan menarik. Namun, pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi masing-masing pengunjung.

Jika Anda mencari lokasi yang lebih baru dan modern, maka Jakarta Aquarium bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin menikmati area wisata yang lebih luas dengan, maka Sea World Ancol bisa menjadi pilihan yang lebih baik.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)