Beroperasi Kembali, Jakarta Aquarium Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Kamis, 25 Juni 2020 - 18:22 WIB
loading...
Beroperasi Kembali, Jakarta Aquarium Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19
Salah satu tempat wisata yang kembali beroperasi yakni, Jakarta Aquarium dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.Foto/Istimewaa
A A A
JAKARTA - Sejumlah destinasi wisata di Jakarta telah dibuka kembali pada masa PSBB transisi . Salah satu tempat wisata yang kembali beroperasi yakni, Jakarta Aquarium dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 .

Head of Social, Branding, and Communication Jakarta Aquarium, Fira Basuki mengatakan, kita harus beradaptasi dengan situasi new normal, termasuk dalam menentukan tujuan wisata. “Dalam situasi seperti ini, aktivitas berwisata bersama keluarga memang terlihat sulit untuk dilakukan. Tapi, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Jakarta Aquarium bisa menjadi jawaban. Karena Jakarta Aquarium adalah tempat wisata yang nyaman, strategis, memberlakukan protokol kesehatan yang optimal, aman buat buah hati dan semua anggota keluarga,” kata Fira Basuki dalam siaran tertulis yang diterima SINDOnews pada Kamis (25/6/2020).

Menurut dia, Jakarta Aquarium punya daya tarik tersendiri untuk menghilangkan kepenatan. Karena, menawarkan pengalaman riil berinteraksi dengan satwa-satwa dilindungi. (Baca: Keterlambatan Server PPDB Akibat Animo Masyarakat Tinggi)

“Wisatawan yang ingin sentuh satwa juga bisa. Bahkan, sentuhan yang melibatkan indera perasa, membuat kita berkontak secara fisik dengan obyek yang ingin kita ketahui lebih dalam. Pengalaman menyentuh ini sangat dibutuhkan oleh buah hati Anda untuk belajar tentang sesuatu,” ujarnya.

Meski dapat berinteraksi langsung dengan satwa, Jakarta Aquarium tetap menjalankan prinsip jaga jarak atau social/physical distancing. Di tempat ini, wisatawan tak perlu berdesakan atau berinteraksi dengan rombongan lain. Jakarta Aquarium menawarkan konsep private journey yang ‘wah’ buat keluarga dengan menikmati semua wahana di sini.

“Lokasi Jakarta Aquarium yang berada di jantung kota Jakarta sangat strategis sehingga mudah dicapai. Anda tinggal keluar tol dalam kota dan sampai tepat di pintu gerbangnya. Tentu saja hal ini tetap mengurangi interaksi Anda dan keluarga dari kerumunan orang yang saat ini harus sebisa mungkin dihindari,” katanya.

Fira Basuki menuturkan, dengan memutuskan untuk kembali beroperasi, manajemen Jakarta Aquarium telah memikirkan matang-matang protokol kesehatan terbaik buat para pengunjung. Protokol kesehatan ini juga akan menjamin kesehatan koleksi hewan dan biota yang ada dalam lembaga konservasi ini.

“Ada beberapa protokol kesehatan dan hal baru yang tentunya harus diadaptasi oleh pihak Jakarta Aquarium dan para pengunjung. Yaitu, seluruh karyawan negatif Covid-19. Setiap karyawan Jakarta Aquarium telah melewati rapid test dan seluruh karyawan hasilnya negatif. Tentunya, ini melegakan kita semua. Untuk pengunjung, setiap pembelian jenis tiket tertentu, pengunjung akan mendapatkan perangkat keamanan yang sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku,” tuturkan.

Protokol lain yang dijalankan Jakarta Aquarium adalah menjaga jarak aman minimal 1,5 meter, semua karyawan menggunakan alat kesehatan, tempat cuci tangan dan hand sanitizer berada di tiap sudut, pembatasan 50% kapasitas buat pengunjung dan pengecekan suhu pengunjung, dan prosedur desinteksi. “Untuk melindungi Anda dan keluarga, Jakarta Aquarium secara teratur sebelum dan sesudah jam operasional melakukan desinfeksi menyeluruh terhadap seluruh ruangan Jakarta Aquarium,” katanya.

Menurut Fira, dengan menjalankan protokol ini Jakarta Aquarium siap menghadapi era new normal dengan optimis. Bagi Jakarta Aquarium, kesehatan semua pihak, yaitu pengunjung, karyawan, dan koleksi di dalamnya, merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan dengan prosedur yang ketat. Itu semata untuk memberikan yang terbaik untuk para pengunjung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)