Mandaya Royal Hospital Puri Resmikan Pusat Jantung Anak

Senin, 22 Mei 2023 - 20:08 WIB
loading...
Mandaya Royal Hospital Puri Resmikan Pusat Jantung Anak
Mandaya Royal Hospital Puri, Tangerang meresmikan pusat jantung anak dan penyakit jantung bawaan. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Mandaya Royal Hospital Puri , Tangerang meresmikan pusat jantung anak dan penyakit jantung bawaan. Peresmian ini bersamaan dengan seminar medis dengan rumah sakit asal Inggris, Royal Brompton and Harefield Hospitals.

President Director Mandaya Hospital Group dr Benedictus Widaja menuturkan peluncuran pusat jantung anak merupakan dukungan terhadap program pemerintah dalam memperluas akses dan layanan bagi masyarakat Indonesia. Terlebih penanganan penyakit jantung bawaan khususnya pada anak masih jarang di Indonesia.

“Lebih dari 12 ribu bayi dengan penyakit jantung bawaan di Indonesia. Mandaya Royal Hospital Puri hadir memenuhi kebutuhan fasilitas pelayanan yang dapat menangani penyakit jantung anak seperti bocor jantung, aritmia, ASD, VSD, PDA, hingga TOF yang cukup banyak dialami bayi dan anak. Kami beruntung didukung tim dokter jantung anak yang dipimpin dokter senior dr Anna Ulfah,” ujar Benedictus, Senin (22/5/2023).



Tim ini berjumlah 9 dokter jantung yang terdiri dari konsultan jantung anak intervensi, pemetaan jantung anak, konsultan anastesi jantung, hingga bedah jantung anak. Mandaya Hospital juga memiliki fasilitas pendukung seperti Cathlab terbaru, NICU, Ruang Operasi Bedah Jantung, Cardiac MRI, Cardiac Spectral CT-Scan, Echocardiography 3D, dan lainnya.

Pada kesempatan sama, pemilik Mandaya Hospital Group Dr Edhijanto Widaja Taufik meresmikan Widaya Foundation, yayasan yang fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan riset kesehatan di bidang jantung, kanker, saraf, terapi genomik, terapi nuklir, penelitian stem cell, serta pengobatan presisi.

“Widaya Foundation bertujuan menciptakan pusat pengetahuan dan inovasi kesehatan di mana praktisi medis kita akan memiliki kesempatan berinteraksi dengan profesional medis global, berpartisipasi dalam penelitian mutakhir, dan mendapatkan pengalaman langsung dengan teknologi medis terbaru. Dengan begitu, menghadirkan pilihan pengobatan terbaru untuk penyakit-penyakit berat seperti kanker dan beberapa penyakit yang diakibatkan penuaan seperti alzheimer, gagal organ, dan lainnya,” ungkap Edhijanto.

Seminar medis kali ini dihadiri dokter spesialis jantung anak seluruh Indonesia yang tergabung dalam organisasi Perkani serta berbagai praktisi medis yang tertarik dalam penanganan jantung anak dan penyakit jantung bawaan.

Kegiatan ini merupakan seminar internasional lanjutan yang diadakan Mandaya Hospital Group yang sebelumnya berkolaborasi dengan salah satu rumah sakit terbaik dari Amerika yaitu Cleveland Clinic.

“Dengan kolaborasi medis tingkat internasional membuktikan bahwa kualitas kesehatan kita tidak berbeda jauh dengan luar negeri. Kita bangga dokter-dokter kita dianggap sangat mampu dan mumpuni menangani penyakit jantung anak yang sulit seperti bayi biru, TOF, serta bocor jantung. Sebelumnya, Mandaya Hospital juga dipuji dokter dari RS Cleveland Clinic Amerika. Indonesia sangat beruntung memiliki peralatan medis secanggih ini bahkan setingkat RS Cleveland Clinic yang merupakan nomor 2 terbaik dunia saat ini,” ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)