Mengenal Sejarah Lebaran Betawi di Bulan Syawal, Ajang Silaturahmi Warga

Minggu, 21 Mei 2023 - 09:27 WIB
loading...
Mengenal Sejarah Lebaran Betawi di Bulan Syawal, Ajang Silaturahmi Warga
Sejumlah pengunjung menghadiri acara Lebaran Betawi di Kawasan Selatan Monas, Jakarta, Sabtu (20/5/2023). Acara yang digelar Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi (MAPKB) ini menampilkan berbagai atraksi budaya khas Betawi, selain itu ada juga pameran seja
A A A
JAKARTA - Lebaran Betawi kembali diadakan di Monumen Nasional ( Monas ), Jakarta Pusat. Tradisi berlebaran masyarakat Betawi biasanya dirayakan di setiap minggu ketiga di Bulan Syawal .

Budaya berlebaran ini tidak hanya dipakai untuk menjalin dan memperkuat tali silaturahmi tapi juga untuk melanjutkan puasa di Bulan Syawal setelah bulan suci Ramadan. Puasa Syawal dilakukan selama enam hari setelah dua hari perayaan Idul Fitri.



Dikutip dari akun dinaskebudayaan.jakarta.go.id, Wakil Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Masyarakat Betawi periode 2008-2012 Amarullah Asbah yang akrab disapa Bang Uwo menggagas ide membuat Lebaran Betawi. Awalnya, gagasan itu dibentuk sebagai sarana silaturahim antar warga Betawi yang tidak hanya tinggal bermukim di Jakarta, tetapi juga dari daerah lain.

Dalam perkembangannya, kegiatan itu tidak hanya ditujukan untuk warga Betawi saja, tetapi juga terbuka untuk khalayak luas. Awalnya, Lebaran Betawi ini digelar selama satu hari namun tingginya animo masyarakat membuat tradisi ini ditambah menjadi lebih dari satu hari.

Dalam Lebaran Betawi ini juga menampilkan beragam produk tradisi Betawi seperti pentas kebudayaan. Seni tari, orkes Betawi, gambang kromong, pertunjukkan lenong, atau penampilan ragam aliran silat Betawi. Tak kalah menariknya adalah deretan tenda stand (venue) bazaar yang menjajakan beragam kuliner khas Betawi, suvenir, lukisan dan produk lainnya.

Lebaran Betawi pertama kali dilakukan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada 18 Oktober 2008. Pada tahun ini, Lebaran Betawi dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB yang dibuka secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Fauzi Bowo atau Foke.

Kemudian, Lebaran Betawi kembali digelar pada 2009 di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, pada 17-18 Oktober 2009.

Begitu juga pada tahun 2010 Lebaran Betawi digelar untuk tahun ketiganya. Kali ini, Lebaran Betawi digelar di Sentra Primer Kembangan, Jakarta Barat selama dua hari yakni 25-26 September 2010.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)