Mengenal Sejarah Lebaran Betawi di Bulan Syawal, Ajang Silaturahmi Warga

Minggu, 21 Mei 2023 - 09:27 WIB
loading...
A A A
Lebaran Betawi sempat terhenti karena pandemi Covid-19 2020-2022. Namun, pada 2023 Lebaran Betawi kembali digelar di Monas, Jakarta Pusat, selama dua hari dimulai pada Sabtu 20 dan Minggu 21 2023.

Berbagai acara dan hiburan disediakan untuk menghibur masyarakat. Ketua Panitia Lebaran Betawi, H Beky Mardani mengatakan, terdapat berbagai atraksi unik yang akan digelar di Monas, salah satunya tradisi hantaran atau anteran di masyarakat Betawi saat Lebaran.



Ini digambarkan lewat kunjungan seorang anak kepada orang tuanya, atau orang yang lebih muda kepada yang lebih tua. Selain itu, atraksi pawai bedug hingga penampilan seni tanjidor, samrah, dan gambang kromong.

Tak ketinggalan keroncong Betawi hingga penampilan grup Kerontjong Toegoe yang legendaris yang akan memainkan lagu lawas Indonesia.

Pada hari pertama gelaran Lebaran Betawi nanti malam akan ditutup dengan pemutaran film layar tancep. Bioskop misbar ini jadi acara unik karena sudah langka. Sementara pada hari kedua Minggu, pertunjukan dibuka dengan tradisi palang pintu. Dilanjutkan Parade Budaya Betawi meliputi ondel-ondel, rombongan penari, pesilat dan ditutup penampilan Lenong Betawi.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)