Lebaran Betawi 2023 Digelar di Monas, Simak Beragam Acara Seru

Sabtu, 20 Mei 2023 - 15:09 WIB
loading...
Lebaran Betawi 2023 Digelar di Monas, Simak Beragam Acara Seru
Lebaran Betawi kembali diadakan di kawasan Monas. Terdapat beragam acara hiburan seru yang dapat dinikmati warga Jakarta secara gratis. Foto: Ilustrasi/Antara/Dok
A A A
JAKARTA - Lebaran Betawi kembali diadakan di kawasan Monumen Nasional (Monas). Terdapat beragam acara hiburan seru yang dapat dinikmati warga Jakarta secara gratis.

"Belum ada rencana akhir pekan ini? Tenang, kalian nggak akan kehabisan acara-acara seru di Jakarta! Kalian bisa mampir ke Monas untuk ikut merayakan Lebaran Betawi!" tulis akun Twitter Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta, dikutip Sabtu (20/5/2023).

Lebaran Betawi 2023 berlangsung di kawasan Selatan Monas selama dua hari, yakni 20-21 Mei 2023. Terdapat banyak kegiatan dan acara seru yang bisa dinikmati selama acara.

Ketua Panitia Lebaran Betawi, H Beky Mardani, mengatakan, terdapat berbagai atraksi unik yang akan digelar di Monas, salah satunya tradisi hantaran atau anteran di masyarakat Betawi saat Lebaran. Ini digambarkan lewat kunjungan seorang anak kepada orang tuanya, atau orang yang lebih muda kepada yang lebih tua.

Selain itu, atraksi pawai bedug hingga penampilan seni tanjidor, samrah, dan gambang kromong. Tak ketinggalan keroncong Betawi hingga penampilan grup Kerontjong Toegoe yang legendaris yang akan memainkan lagu lawas Indonesia.


Pada hari pertama gelaran Lebaran Betawi nanti malam akan ditutup dengan pemutaran film layar tancep. Bioskop misbar ini jadi acara unik karena sudah langka.

Sementara pada hari kedua Minggu, pertunjukan dibuka dengan tradisi palang pintu. Dilanjutkan Parade Budaya Betawi meliputi ondel-ondel, rombongan penari, pesilat dan ditutup penampilan Lenong Betawi.

Sejarah Penyelenggaraan Lebaran Betawi

Lebaran Betawi pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Sejak itum Lebaran Betawi menjadi even rutin yang digelar Pemprov DKI Jakarta bersama Bamus Betawi.

Sejarawan JJ Rizal menjelaskan, Lebaran Betawi dilakukan oleh masyarakat Betawi yang mayoritas beragama Islam. Bahkan dahulu, orang-orang Betawi memilih tidak bekerja untuk merayakan Lebaran ini.

Pada zaman dahulu kala, untuk merayakan Lebaran orang Betawi dapat saling bersilaturahmi sesama kampung. Akan tetapi karena semakin berkembangnya pembangunan Jakarta, silaturahmi ini harus dikumpulkan menjadi satu tempat. Maka itu, terbentuklah Lebaran Betawi ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3526 seconds (0.1#10.140)