Pelaku Pemalakan di Depan Mal Cipinang Indah Sering Ancam Korban Ceburin ke Kali

Sabtu, 20 Mei 2023 - 01:01 WIB
loading...
Pelaku Pemalakan di Depan Mal Cipinang Indah Sering Ancam Korban Ceburin ke Kali
Pelaku pemalakan di depan Mal Cipinang Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur berinisial CEES dibekuk polisi. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaku pemalakan di depan Mal Cipinang Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur berinisial CEES dibekuk polisi. Pelaku sering mengancam bakal menceburkan korban yang rata-rata masih remaja itu ke kali atau sungai terdekat.

Diketahui, kasus pemalakan tersebut sempat viral di media sosial. "Untuk Tsk (tersangka) ada dua. Satu sudah ditahan, satu kami tetapkan DPO (daftar pencarian orang)," kata Kapolres Jakarta Timur Kombes Leonardus Simarmata, Jumat (19/5/2023).

Dia menuturkan, pelaku berinisial CEES bersama satu rekannya berinisial R, yang saat ini masih buron alias masuk DPO kerap mengancam para korban. Ketika beraksi, modus yang digunakan para pelaku adalah dengan menyampaikan informasi bahwa lingkungan yang dilintasinya merupakan titik rawan pencurian handphone (HP) atau telepon seluler (ponsel).



Selanjutnya, pelaku meminta para korban yang didominasi masih remaja itu untuk memberikan HP masing-masing dan diamankan pelaku. "Pelaku juga mengancam ke korban, kalau macam-macam akan diceburin ke kali," ujarnya.

Usai berhasil mendapatkan HP tersebut, para pelaku menjualnya melalui marketplace. "Pelaku tawarkan HP untuk dijual rata-rata ke-unlock, caranya ancam korban untuk dibuka HP-nya biar pelaku tahu polanya," pungkasnya.

Berdasarkan kejadian tersebut, pelaku dikenakan Pasal 368 dan 378 KUHAP, dan terancam hukuman penjara paling lama sembilan tahun dan empat tahun. Diberitakan sebelumnya, viral video di media sosial yang menunjukkan tiga orang remaja berlari meminta pertolongan di depan Mal Cipinang Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu, 6 Mei 2023.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2231 seconds (0.1#10.140)