Resmikan Rumah Kaca Anggrek di Kebun Raya Bogor, Megawati Berbagi Nostalgia

Rabu, 17 Mei 2023 - 16:57 WIB
loading...
Resmikan Rumah Kaca Anggrek di Kebun Raya Bogor, Megawati Berbagi Nostalgia
Rumah Kaca Anggrek Soejana Kassan yang berlokasi di Kebun Raya Bogor, diresmikan Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri, Rabu (17/5/2023). Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Rumah Kaca Anggrek Soejana Kassan yang berlokasi di Kebun Raya Bogor , diresmikan Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri, Rabu (17/5/2023). Peresmian Rumah Kaca Anggrek ini juga dalam rangkaian peringatan HUT Kebun Raya Bogor ke-206.

"Saya mau mengucapkan selamat ulang tahun ke-206 untuk kebun raya yang saya cintai dan salalu terpelihara. Orang asing selalu bilang 'beautiful botanical garden. Do you have many? 'Oh yes many'. Padahal dulu baru 5 (kebun raya), sekarang 51," kata Megawati dalam sambutannya.



Megawati kemudian berbagi nostalgia ketika pernah tinggal di Istana Bogor. Hal itu juga menjadi salah satu cikal bakal Megawati mendirikan Yayasan Kebun Raya Indonesia.

"Nostalgila sedikit. Saya kan anak presiden, suka tidur di istana liburan keliling kebun raya. Mancing di Kali Ciliwung cari udang. Itu nostalgila saya kenapa saya bikin Yayasan Kebun Raya Indonesia," ungkapnya.

Presiden ke-5 RI itu juga turut berpesan kepada seluruh jajarannya di BRIN atau kebun raya untuk semangat bekerja dan disiplin demi Indonesia.



"Saya minta banget, please kalau kamu kerja Brida, BRIN, di kebun raya untuk semangat dan disiplin. Ini untuk negara, bukan untuk diri sendiri," pintanya.

Resmikan Rumah Kaca Anggrek di Kebun Raya Bogor, Megawati Berbagi Nostalgia


Rumah Kaca Anggrek ini dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2019 dan selesai tahun 2021. Penataan bangunan kawasan taman anggrek meliputi rumah kaca induk seluas 6.813 meter persegi, dan laboratorium kultur jaringan 1.560 meter persegi.

Kemudian penghubung ruang anggrek 265,8 meter persegi, display 345,6 meter persegi, dan area service. Total anggaran penataan taman anggrek menghabiskan Rp38 miliar lebih.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kebun Raya Bogor yang telah melakukan berbagai aktivitas konservasi tumbuhan dan lainnya.

"Kita ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman Kebun Raya Bogor yang sudah cukup lama melakukan aktivitas konservasi, reservasi, dan pemanfaatan berbagai tumbuhan spesies asli Idnonesia. Khsusunya di dataran rendah basah," kata Handoko.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)