2 Pengunjung Jatuh di Dermaga Ancol, Polisi Beber Kronologinya

Sabtu, 13 Mei 2023 - 04:54 WIB
loading...
2 Pengunjung Jatuh di Dermaga Ancol, Polisi Beber Kronologinya
Dua pengunjung di dermaga Mall Beach City Ancol, Jakarta Utara terjatuh pada Kamis (11/5/2023) malam. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Dua pengunjung di dermaga Mall Beach City Ancol, Jakarta Utara jatuh pada Kamis (11/5/2023) malam. Kejadian ini mengakibatkan satu di antaranya tewas tenggelam. Dia adalah DU, pria berusia 31 tahun. Sementara RC (30) teman wanitanya kini dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Tanjung Priok.

Kanit Reskrim Polsek Pademangan, AKP I Gede Gustiyana menjelaskan DU dan RC berada di dermaga sekitar pukul 19.00 WIB. Berdasarkan keterangan saksi bernama Juliet, RC hendak duduk jongkok di pinggir dermaga namun membelakangi laut tetapi tidak seimbang hingga terjatuh ke belakang.

"Saat hampir terjatuh, RC sempat menarik tangan DU hingga keduanya terjatuh ke dalam laut. Selang beberapa detik, saksi berteriak hingga petugas Life Guard Ancol datang menyelamatkan keduanya ke dalam laut," jelas AKP Gede kepada wartawan, Jumat (12/5/2023).



Gede menjelaskan petugas Life Guard berhasil menyelamatkan RC yang denyut nadinya kendati lemah. Kebetulan, lanjut Gede, salah satu warga merupakan petugas medis kemudian memberikan pertolongan pertama kepada RC sehingga berhasil diselamatkan.

"Setelah korban pertama diamankan, saksi berteriak bahwa masih ada satu lagi. Petugas kembali berjibaku mencari DU hingga ke tengah laut. Sekitar 30 menit, petugas merasa ada benda di dasar laut, setelah diangkat ternyata itu jasad DU," jelas Gede.

Saat diangkat ke daratan, petugas medis Ancol menyatakan DU sudah tidak bernyawa lagi. Hal ini diperkuat hasil visum di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM). "Berdasarkan hasil visum kami di RSCM sekitar pukul 22.00 WIB, korban DU sudah dinyatakan wafat sekitar tiga jam sebelumnya. Jadi make sense untuk waktu kejadian wafatnya," tutur Gede.

Gede mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan forensik, jasad DU tidak ditemukan adanya luka atau bekas memar hasil kekerasan. Dia menjelaskan, korban diduga kuat meninggal dunia karena tenggelam.

"Namun untuk lebih mendalamnya memang perlu dilakukan autopsi. Tetapi keluarga korban menolak pengajuan kami untuk dilakukannya autopsi," katanya.



Gede juga menjelaskan, keduanya memang warga Sunter, Jakarta Utara. Ia pun masih melakukan penyelidikan ihwal penyebab dan latar belakang kedua korban tersebut.

"Untuk mendalami ihwal hubungan kedua korban, kami masih menunggu keterangan dari RC yang saat ini masih belum bisa memberikan keterangan. Nanti kami akan sampaikan jika sudah ada keterangan lebih lanjut," ucap Gede.

Gede menuturkan insiden tersebut terjadi ketika dermaga sudah tidak ada wisatawan. ""Karena itu dermaga kapal, diperkirakan sekitar 3 - 4 meter kedalamannya. Memang sejak pukul 18.00 WIB, petugas Ancol telah melaksanakan patroli. Dan dari dermaga kosong. Itu diperkuat keterangan saksi, bahwa sebelumnya dermaga kosong. Dan dua orang masuk dermaga," ungkap Gede.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)