5 Perbedaan Ragunan dan Taman Safari, Nomor Buncit Paling Mencolok

Rabu, 10 Mei 2023 - 10:16 WIB
loading...
5 Perbedaan Ragunan dan Taman Safari, Nomor Buncit Paling Mencolok
Pengunjung Taman Safari dapat membawa kendarannya sambil melihat hewan yang ada di lokasi. Sedangkan pengunjung Ragunan tidak diperkenankan membawa kendaraan untuk melihat hewan yang ada di lokasi. Foto: Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Menghabiskan waktu bersama keluarga dengan pergi ke tempat wisata adalah hal yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Di antara tempat wisata yang sering menjadi tujuan wisata keluarga, baik warga Jabodetabek maupun dari luar daerah, adalah Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan dan Taman Safari di Bogor.

Tempat wisata yang memperlihatkan aneka ragam fauna ini bisa sekaligus dijadikan sarana edukasi khususnya bagi anak-anak untuk mengenal kekayaan fauna. Lalu apa perbedaan Taman Margasatwa Ragunan dan Taman Safari Bogor?

Simak penjelasannya berikut ini.

1. Suasana

Umumnya kebun binatang dibangun dengan pengaturan bangunan yang bersifat buatan yang menjadi kandang bagi satwa tersebut. Hal ini diterapkan di kebun binatang Ragunan.

Sementara, Taman Safari dirancang mengikuti lingkungan alam bebas yang asri. Dengan begitu, Taman Safari lebih terasa suasana hutan dan alamnya dan mendukung satwa untuk tinggal di dalam sana, sehingga mereka juga merasakan seperti berada di alam bebas.

2. Penempatan Satwa

Ada perbedaan yang sangat terlihat jelas antara Taman Margasatwa Ragunan dengan Taman Safari, yaitu dari penempatan satwanya. Di Ragunan, satwa ditempatkan dalam kandang atau area khusus.

Sedangkan di Taman Safari, satwa dibiarkan bebas di wilayahnya masing-masing, tidak dikurung di dalam kandang. Dengan demikian, antara pengunjung Kebun Binatang Ragunan dengan satwa koleksi Ragunan terpisahkan oleh pagar atau tembok kandang.

Sementara di Taman Safari, tidak ada pemisahan area antara pengunjung dan satwa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)