Simak! Ini Perbedaan Cikarang dan Karawang

Minggu, 07 Mei 2023 - 14:24 WIB
loading...
Simak! Ini Perbedaan Cikarang dan Karawang
Kawasan industri Jababeka di Cikarang, Kabupaten Bekasi sebagai salah satu yang terluas di Asia Tenggara. Foto: Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Terdapat perbedaan Cikarang dan Karawang yang perlu diketahui. Secara geografis, keduanya merupakan wilayah yang berada di Provinsi Jawa Barat .

Dua wilayah tersebut juga terkenal sebagai kawasan industri maju. Tak heran setiap tahunnya selalu menjadi incaran pekerja baik pemula maupun berpengalaman. Ditambah upah minimum di Cikarang dan Karawang cukup tinggi dibandingkan Jakarta.
Baca juga: Gandeng Pengelola Industri, Kemenperin Gelar Seminar Eco Industrial Park di Cikarang

Namun, tahukah Anda ternyata ada segelintir orang menganggap Cikarang dan Karawang adalah wilayah yang sama, padahal jauh berbeda. Berikut perbedaan Cikarang dan Karawang:

1. Cikarang
Cikarang merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Bekasi. Wilayah itu dikenal sebagai salah satu kota industri terbesar. Tak hanya di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Berbagai kawasan industri di Cikarang menampung banyak perusahaan lokal maupun multinasional. Kemudian, salah satu hal yang selalu menjadi perhatian dari Cikarang yakni upah minimum pekerjanya.

Upah minimum di Cikarang saat ini yang notabene berada di Kabupaten Bekasi sebesar Rp5.137.575. Besaran tersebut menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar, bahkan mengungguli Jakarta.

2. Karawang
Karawang adalah kabupaten yang berada di Provinsi Jabar. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur, Kabupaten Purwakarta di tenggara, serta Kabupaten Cianjur di selatan.

Karawang telah bertransformasi menjadi kawasan industri besar di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan besar dan memiliki banyak karyawan.

Upah minimum saat ini di Kabupaten Karawang menjadi yang terbesar di Indonesia. Pada penetapan UMK 2022, upah di Karawang mencapai Rp5.158.248.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)