Bakal Duplikasi Program di Jabar untuk Jakarta, RK: Permasalahan Perkotaannya Mirip

Minggu, 01 September 2024 - 13:17 WIB
loading...
Bakal Duplikasi Program...
Ridwan Kamil (RK) bakal menduplikasi sejumlah program yang pernah digagasnya saat mengemban tugas sebagai Gubernur Jawa Barat untuk dibawa ke Jakarta. Foto/SINDOnews/jonathan simanjuntak
A A A
JAKARTA - Ridwan Kamil (RK) bakal menduplikasi sejumlah program yang pernah digagasnya saat mengemban tugas sebagai Gubernur Jawa Barat untuk dibawa ke Jakarta. Menurutnya, permasalahan perkotaan dinilai serupa.

"Maka banyak program-program yang sebenarnya sudah saya lakukan, karena mirip-mirip permasalahan perkotaan akan kami duplikasi, kami sajikan ulang dalam konteks yang lebih besar," kata Ridwan Kamil usai bertemu dengan relawan BERKAH di Jakarta Timur, Minggu (1/9/2024).

Misalnya program pemberdayaan hingga tinkat RW. Mantan Gubernur Jawa Barat itu akan memberikan anggaran untuk tingkat RW agar bisa melakukan pembangunan.


"Sehingga pembangunan di level RW diberi anggaran dari pemerintah sehingga Pak RW bisa melakukan inisiatif-inisiatif kepemimpinan membereskan Jakarta dihampir 3 ribuan RW bergerak bersama kali 5 tahun Bapak-Ibu bisa menyaksikan perubahan luar biasa, insyaallah," tutur Ridwan Kamil.

Tak hanya itu, program lain yang akan diterapkan di Jakarta ialah program kredit tanpa bunga dan tanpa agunan. Program ini nantinya disasar untuk kaum-kaum dhuafa.



"Syaratnya itu mengajukan bantuannya berlima, walaupun tidak punya agunan. Sudah 20.000 di Jawa Barat mendapatkan ini. Jadi kalau satu macet, empat tanggung jawab, kira-kira begitu. Ini konsep dari ekonomi mikro," tutur dia.

Ridwan Kamil dan pasangannya Suswono juga akan mengembangkan program mobil curhat. Kendaraan itu akan bekerja sebagai konsuler dan psikiater untuk menjaga kesehatan mental. "Sehingga kesehatan mental orang stres, bisa curhat, yang selama ini mungkin curhatnya hanya ke handphone via IG story," jelas dia.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)