Evakuasi Tahap Dua, 363 WNI dari Sudan Tiba di Bandara Soetta

Minggu, 30 April 2023 - 12:01 WIB
loading...
Evakuasi Tahap Dua, 363 WNI dari Sudan Tiba di Bandara Soetta
Sebanyak 363 warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan tiba di Indonesia melalui Bandara Soetta pada Minggu (30/4/2023). Foto/MPI/Isty Maulida
A A A
TANGERANG - Sebanyak 363 warga negara Indonesia ( WNI ) dari Sudan tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Minggu (30/4/2023). Ratusan WNI yang tiba ini merupakan bagian dari evakuasi tahap kedua setelah sebelumnya 385 WNI telah tiba lebih dulu pada Jumat, 28 April 2023 lalu.

Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Roberto Pasaribu mengatakan, 363 WNI tiba pukul 05.30 WIB, menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan rute dari Jeddah.

"Setibanya di Bandara Soetta mereka diarahkan ke Lounge Umrah Internasional. Selanjutnya dibawa ke Asrama Haji Pondok Gede seperti WNI yang sebelumnya," kata Roberto.

Setelah ditempat sementara di Asrama Haji Pondok Gede, ratusan WNI tersebut akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Hal ini juga dilakukan terhadap para WNI yang sudah tiba pada hari Jumat lalu.



Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, para WNI yang tiba dari Sudan juga akan mendapat fasilitas pengecekan kesehatan dan konseling gratis. Mengingat, apa yang mereka alami di daerah konflik sungguhlah berat, diperlukan beberapa penanganan sebelum pulang ke daerah.

"Kemenko PMK dan kementerian terkait, telah menyiapkan pelayanan seperti pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling, Kemensos, Kementerian Dalam Negeri dan Pemda terkait, akan memfasilitasi kepulangan ke daerah masing-masing," ucap Retno.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)