Ratusan Pemudik Jalur Laut Padati Pelabuhan Tanjung Priok

Rabu, 12 April 2023 - 10:05 WIB
loading...
Ratusan Pemudik Jalur Laut Padati Pelabuhan Tanjung Priok
Ratusan pemudik mulai padati Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Ratusan pemudik mulai padati Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok , Tanjung Priok, JakartaUtara, Selasa (11/4/2023) Malam. Ratusan pemudik tersebut merupakan peserta mudik gratis Program ‘Mudik Aman Berkesan’ yang digelar BUMN dan Pelindo Grup.

Ratusan pemudik tujuan Makassar, Ambon dan Sorong telah memadati kawasan Terminal Penumpang sejak sore hari, hal ini bertujuan untuk melakukan registrasi pendaftaran ulang di posko pemudik yang berada di sisi selatan depan terminal.



Satu persatu pemudik mulai berdatangan dengan membawa barang bawaan. Setelah melakukan registrasi ulang, para pemudik tersebut kemudian beristirahat diruang tunggu sembari menunggu kapal KM Ciremai yang datang dan berangkat sekitar pukul 06.00 WIB.

Selain mengikuti program gratis dari Kementerian BUMN dan Pelindo Group, banyak pemudik yang sengaja memilih mudik lebih awal lantaran situasi yang tidak terlalu padat atau menumpuk dan juga lebih santai untuk pulang kampung sambil berwisata di tempat transit.



Pemudik Irwan Hartono (27) mengaku dengan program gratis ini membuat dirinya lebih berhemat. Sementara itu warga asal Mampang, Jakarta Selatan ini bisa berwisata di Surabaya saat transit sebelum menuju kampung halamannya di Makassar, Sulawesi Selatan.

”Ya alhamdulillah bisa meringankan, kalau tiket normal ke Makassar itu sekitar Rp400 ribuan lebih kalau saya cek. Saya pilih mudik lebih awal takutnya ada penumpukan penumpang juga karena saya sudah izin cuti mudik lebaran,” ungkap Irwan, Rabu (12/4/2023).

”Kalau ditanya kenapa memilih mode transportasi laut untuk mudik saat ini, kita bisa jalan-jalan dan singgah saat transit nanti seperti di Surabaya. Selain bisa beli oleh-oleh kita juga bisa berwisata menggunakan waktu yang ada saat kapal berhenti nanti,” sambungnya.



Adapun dalam arus mudik tahun ini, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group memberangkatkan 600 peserta mudik gratis jalur laut melalui Tanjung Priok, Dumai, Batam, dan Makassar. Yang diberangkatkan menggunakan empat kapal laut.

Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia Ali Mulyono mengatakan selain jalur laut, Pelindo juga memfasilitasi 3.650 pemudik melalui jalur darat dengan menggunakan moda transportasi bus ke berbagai kota tujuan di Jawa dan Sumatera.

“Bagi pemudik yang menggunakan bus, Pelindo memfasilitasi sekitar 7.300 kursi bus gratis untuk mudik dan balik. Pemudik bus diberangkatkan secara serentak pada tanggal 17 April 2023, dari Terminal Eks JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok,” tutupnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)