4 Keunikan Balai Kota Jakarta, Nomor Buncit Jadi Rumah 20 Ekor Kucing

Selasa, 11 April 2023 - 10:45 WIB
loading...
A A A
Di sebelahnya, yang dahulu merupakan bangunan No 9, telah berubah wujud menjadi gedung modern 23 lantai. Gedung ini menjadi kantor bagi pejabat dan pegawai Pemprov DKI Jakarta.



3. Sebagai Tempat Wisata

Pada masa pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Balai Kota dibuka untuk umum pada 12 September 2015. Sejak itu, setiap Sabtu dan Minggu, masyarakat dan turis bisa mengeksplorasi bagian eksterior dan interior Balai Kota Jakarta.

Ada delapan ruang di Balai Kota yang dibuka untuk umum. Di antaranya adalah ruang transit tamu, ruang tamu, ruang galeri foto gubernur, balairung program DKI, ruang tim pembebasan urusan tanah (TPUT), 2 ruang rapat pimpinan, dan balai agung. Ruang balai agung inilah yang disulap menjadi ruang bioskop.

Pada bagian luar gedung, pengunjung dapat melihat sebuah masjid yang cukup besar, Masjid Fatahillah Balai Kota. Masjid ini memiliki desain yang indah dan dapat diakses untuk melaksanakan ibadah bagi pengunjung yang beragama Islam.

4. Kucing Balai Kota

Selain menjadi tempat bekerja bagi pejabat dan pegawai Pemprov DKI, Balai Kota Jakarta juga menjadi “rumah” bagi sekitar 20 ekor kucing. Kucing-kucing yang dirawat oleh beberapa pegawai di Balai Kota itu merupakan anggota Balaicatto, sebutan bagi kucing yang berkeliaran di Balai Kota.

Aktivitas keseharian mereka diabadikan dalam bentuk foto maupun video di akun Instagram @balaicatto. Menariknya, sebagian besar kucing itu diberi nama dari nama sejumlah mantan gubernur DKI Jakarta.

Misalnya, kucing bernama Yoso, yang namanya diambil dari nama Sutiyoso. Ada pula Iful yang diambil dari nama Saiful Djarot, serta Diki yang namanya diambil dari nama Ali Sadikin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)