Kunjungi Jasa Marga, Mahasiswa FIA UI Pelajari Sistem Pengelolaan Jalan Tol

Sabtu, 01 April 2023 - 22:20 WIB
loading...
Kunjungi Jasa Marga, Mahasiswa FIA UI Pelajari Sistem Pengelolaan Jalan Tol
Mahasiswa FIA UI, Prodi Ilmu Administrasi Niaga menggelar company visit ke JMTC untuk belajar mengenal proses bisnis dan inovasi Jasa Marga secara langsung. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), Prodi Ilmu Administrasi Niaga menggelar company visit ke Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) untuk belajar sekaligus mengenal proses bisnis dan inovasi Jasa Marga secara langsung. Kunjungan ke PT Jasa Marga adalah pertama sebagai sarana pengembangan diri mahasiswa.

"Kedua, memperkenalkan bagaimana penerapan ilmu adaministrasi Bisnis di perusahaan, ketiga aplikasi materi yang telah dipelajari di bangku perkuliahan dengan praktik di lapangan dan ke empat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dunia kerja," ujar Dekan FIA UI Chandra Wijaya dalam sambutan yang dibacakan oleh Dosen FIA UI Rachma Fitriati dikutip, Sabtu (1/4/2023).

JMTC merupakan pusat informasi dan pengendali lalu lintas terintegrasi di jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Berperan sebagai “the eye of tollroad”. JMTC mengumpulkan seluruh informasi lalu lintas jalan tol melalui peralatan deteksi yang terpasang untuk selanjutnya diolah dan disampaikan kembali kepada pengguna jalan tol hingga pengambilan keputusan rekayasa lalu lintas oleh kepolisian.

Company Visit ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) antara Jasa Marga dan UI yang berkolaborasi dalam pengembangan di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, serta pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.

Company Visit ini ditargetkan dapat meningkatkan kompetensi dan ilmu pengetahuan para mahasiswa khususnya di FIA UI, sekaligus mempelajari proses bisnis jalan tol dan inovasi yang terus dilakukan Jasa Marga secara berkelanjutan.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M Agus Setiawan menjelaskan, materi kepada para mahasiswa mengenai profil Jasa Marga dan bisnis pengusahaan jalan tol di Indonesia.

“Saat ini, Jasa Marga melalui anak usahanya telah mengoperasikan sepanjang 1.260 Km yang sebagian besar saling terkoneksi. Panjang jalan tol tersebut merupakan 50% dari total jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia. Hal inilah yang mendasari pentingnya JMTC bagi Jasa Marga serta juga bagi masyarakat, khususnya pengguna jalan, dalam mendapatkan informasi terkini kondisi lalu lintas,” terang Agus.

Dari segi pengembangan bisnis, Agus juga menjelaskan, tergabungnya Trans Jawa dalam satu sub holding yang dikenal dengan PT Jasamarga Transjawa Tol, maka terdapat banyak potensi bisnis yang bisa dilakukan oleh Jasa Marga, termasuk pengoptimalan teknologi yang dapat dimanfaatkan kepada pengguna jalan tol.

"Kami selaku korporasi harus selalu tumbuh dan berkembang, yang salah satunya tentu saja melalui pemanfaatan teknologi. Ke depannya JMTC juga diharapkan dapat menjadi peluang bisnis baru bagi Jasa Marga," sebutnya.

Senada dengan Agus, Dosen FIA UI Rachma Fitriati mengapresiasi Company Visit yang merupakan bentuk implementasi dari yang dipelajari di dunia perkuliahan. Di antaranya yaitu bertambahnya wawasan mahasiswa mengenai proses bisnis sebuah Perusahaan, dalam hal ini Jasa Marga sebagai operator jalan tol terbesar di Indonesia, serta memahami secara langsung praktik dunia kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)