Pertama di Indonesia, UBM Buka Program Studi Desain Interaktif

Jum'at, 31 Maret 2023 - 22:46 WIB
loading...
Pertama di Indonesia, UBM Buka Program Studi Desain Interaktif
Universitas Bunda Mulia (UBM) meluncurkan program studi baru S1 Desain Interaktif, Jumat (31/3/2023). Program studi ini disebut yang pertama dalam dunia pendidikan di Indonesia. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Di tengah perkembangan industri teknologi komunikasi yang menggeliat saat ini, Universitas Bunda Mulia (UBM) membuka program studi baru S1, Desain Interaktif. Program studi ini disebut yang pertama kali dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Direktur Marketing UBM Young Dame Rosmery menjelaskan, program studi Desain Interaktif ini dihadirkan di tengah inovasi dunia pendidikan yang meningkat dan sesuai dengan kebutuhan bidang teknologi industri saat ini.

"Kami kampus pertama yang meluncurkan prodi Desain Interaktif Strata 1 dibanding kampus-kampus lain. Kampus-kampus lain kebanyakan menerapkan desain interaktif itu hanya di dalam peminatan," ujar Dame di Kampus UBM Ancol, Jakarta Utara, Jumat (31/3/2023).



Dame menuturkan, program studi ini dibuka setelah sebelumnya pihaknya meluncurkan program studi Bisnis Digital pada tahun 2018 dan Data Science di tahun 2021. Dengan menggabungkan ilmu desain dengan ilmu teknologi tentu akan mengikuti perkembangan zaman.

"Kebutuhan industri saat ini dan ke depan membutuhkan interactive design, penggabungan antara seni desain, dan teknologi. Kami mencoba mengemasnya sesuai dengan kebutuhan era digital saat ini dan mengembangkan dengan program-program studi yang baru," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UBM Kandi Sofia Senastri Dahlan mengatakan, pembukaan program studi Desain Interaktif berawal saat pandemi Covid-19. Dimana pihaknya menjalankan pembelajaran jarak jauh yang menjadi metode berjalannya akademik.


"Kami melihat adanya satu bidang yang menunjukkan perkembangan yang cukup menarik. Menarik dari sudut pandang akademik maupun menarik dari sudut pandang praktisi, yaitu desain interaktif ini," ucapnya.

Proses pembelajaran di program studi Desain Interaktif mengedepankan multidisipliner. Para peserta didik nantinya akan mempelajari beragam mata kuliah seperti pembuatan konten 3D, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan media digital interaktif lainnya.

Untuk menambah kualitas dari program Studi Desain Interaktif yang berada di bawah Fakultas Teknologi dan Desain. UBM menghadirkan sejumlah dosen dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya yang akan mencetak lulusan terbaik.

"Saat ini jumlah dosen memenuhi standar Dikti (pendidikan tinggi), jadi begitu program studi ini dibuka, ada lima orang dosen, termasuk saya sebagai Dekan juga mengajar," kata Dekan Fakultas Teknologi dan Desain UBM, Maria Josef Retno Budi Wahyuni.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)