Deretan Nama Daerah Jabodetabek yang Berawal dari Rawa Beserta Sejarahnya

Kamis, 30 Maret 2023 - 14:32 WIB
loading...
Deretan Nama Daerah Jabodetabek yang Berawal dari Rawa Beserta Sejarahnya
Terdapat tujuh daerah Jabodetabek yang diawali dengan kata rawa. Salah satunya Rawamangun. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh daerah Jabodetabek yang diawali dengan kata rawa. Seperti daerah pada umumnya, penyematan nama rawa di beberapa wilayah Jabodetabek juga mempunyai sejarah tersendiri.

Penggunaan kata rawa untuk daerah Jabodetabek berkaitan dengan kondisi wilayahnya yang basah atau berair. Beberapa keunikan lain yang bisa ditemukan di rawa tersebut telah menjadi pelengkap nama daerahnya.


Daftar Daerah Jabodetabek yang Diawali dengan Rawa

Berikut tujuh daerah jabodetabek yang diawali dengan nama rawa beserta sejarahnya:

1. Rawamangun

Rawamangun adalah nama kelurahan yang terletak di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Dalam buku yang bertajuk 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zainuddin HM, dahulu kawasan ini merupakan sebuah rawa, yang kemudian diuruk untuk dijadikan bangunan perumahan.

2. Rawa Buaya

Rawa Buaya adalah nama kelurahan di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Rawa Buaya sebelumnya merupakan bekas dari tanah partikelir milik Tan Liok Tiauw Sia, Landheer Van Batoe-Tjepper, seorang tuan tanah dan pelopor industri di Hindia Belanda.

3. Rawasari

Rawasari juga merupakan nama Kelurahan di Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Dalam sejarahnya, nama Rawasari telah disebut sejak zaman kolonial Belanda. Wilayah yang kala itu masih belum pada penduduk ini merupakan lahan basah (rawa) yang kemudian disarikan menjadi perumahan dan pemukiman warga.


4. Rawa Bunga

Kelurahan ini terletak di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Sebelumnya wilayah ini diberi nama Rawa Bangke lantaran banyak bangkai akibat pembunuhan manusia. Namun karena beberapa alasan, masyarakat kemudian menggantinya dengan nama Rawa Bunga yang identik dengan tempat hiburan malam.

5. Rawalumbu

Rawalumbu merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kota Bekasi, Jawa Barat. Rawalumbu terdiri dari dua suku kata yaitu Rawa dan Lumbu. Rawa merupakan sebuah lahan yang terdapat genangan secara terus menerus dan lumbu adalah sebutan untuk makhluk halus yang konon katanya dulu bertempat di rawa tersebut.

6. Rawa Buntu

Wilayah ini terletak di Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Wilayah ini berbatasan langsung dengan kelurahan LK. Gudang di sebelah utara, Kelurahan Rawa Mekar Jaya di sebelah timur, Kelurahan Serpong di sebelah barat dan Kelurahan Ciater di sebelah selatan.

7. Rawa Bambu

Rawa Bambu merupakan sebuah kampung yang berada di Kelurahan Kali Baru, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat. Seperti daerah sebelumnya, wilayah ini dulunya merupakan lahan yang basah atau berair. Namun terdapat banyak bambu di sekitarnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6311 seconds (0.1#10.140)