7 Daerah di Bekasi dan Jakarta yang Pakai Nama Pondok, Lengkap dengan Sejarahnya

Selasa, 21 Maret 2023 - 15:26 WIB
loading...
7 Daerah di Bekasi dan Jakarta yang Pakai Nama Pondok, Lengkap dengan Sejarahnya
Sedikitnya ada tujuh daerah di Bekasi dan Jakarta yang memiliki kata Pondok sebagai nama depannya. Salah satunya Pondok Gede. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh daerah di Bekasi dan Jakarta yang memiliki kata "Pondok" sebagai nama depannya. Mulai dari Pondok Gede sampai Pondok Kopi.

Penyematan nama Pondok di wilayah Jabodetabek ini memang sudah bukan lagi hal yang asing. Wilayah yang menggunakan kata Pondok sebagai awalannya ini terdiri dari beberapa kecamatan dan banyak kelurahan.


Daerah dengan Nama Pondok di Bekasi dan Jakarta

Berikut tujuh daerah di Bekasi dan Jakarta yang depannya pakai Pondok.

1. Pondok Gede

Pondok Gede merupakan sebuah kecamatan yang berada di Bekasi. Awalnya daerah ini merupakan kecamatan terluas di Kabupaten Bekasi sebelum masuk dalam wilayah Kota Bekasi.

Dilansir dari buku "Sedjarah Pemerintahan Kota Djakarta", di tahun 1775, Pondok Gede merupakan lahan pertanian dan peternakan yang disebut dengan Onderneming. Di wilayah ini, terdapat sebuah rumah besar milik seorang tuan tanah yang bernama Johannes Hoojiman. Karena ukurannya yang besar, masyarakat setempat menyebut daerah itu sebagai "Pondokgede".

2. Pondok Melati

Awalnya wilayah ini hanya dikenal sebagai Jati Melati yang berada di selatan Pondok Gede. Barulah di tahun 2025, berdasarkan Perda Kota Bekasi Nomor 03 Tahun 2005 Tentang Perubahan Pertama Perda Kota Bekasi Nomor 04 Tahun 2004 Tentang Pembentukan Wilayah Administratif Kecamatan dan Kelurahan Kota Bekasi, secara definitif Kecamatan Pondok Melati berdiri.

3. Pondok Bambu

Pondok bambu merupakan kelurahan yang berada di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Dilansir dari Kota Administrasi Jawa Timur, luas area Kelurahan Pondok Bambu mencapai 499 hektar dengan jumlah 174 RT, dan 12 RW.


4. Pondok Indah

Berbeda dari beberapa wilayah yang telah di sebut, daerah Pondok Indah merupakan kawasan pemukiman elit yang bertempat di wilayah Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kawasan ini mulai dibangun sejak tahun 1970-an oleh kelompok usaha Pondok Indah Group yang berada di bawah naungan PT Metropolitan Kentjana Tbk. milik Siti Hartati Murdaya.

5. Pondok Labu

Pondok Labu merupakan nama salah satu kelurahan yang terletak di Cilandak, Jakarta Selatan. Sebelumnya, wilayah ini diketahui merupakan kawasan pertanian dan perkebunan.

Hingga pada masa Gubernur Ali Sadikin daerah Pondok Labu mulai beralih menjadi wilayah pemukiman.

6. Pondok Pinang

Wilayah yang jadi tempat bernaungnya Pondok Indah ini merupakan kelurahan di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Meski begitu, nama Pondok Indah justru lebih tenar ketimbang Pondok Pinang.

7. Pondok Kopi

Pondok Kopi adalah salah satu kelurahan di kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Wilayah ini diketahui merupakan tempat asal mula pengenalan tanaman kopi di Nusantara.

Pada tahun 1696, Jenderal Adrian van Ommen, seorang komandan yang bertugas di Malabar Belanda, India, diperintahkan oleh Walikota Amsterdam, Nicholas Witsen untuk membawa bibit kopi Arabika ke Nusantara.

Usahanya ini sempat mengalami kegagalan karena terkena banjir. Usaha kedua dilaporkan terjadi pada tahun 1699 yang dilakukan di daerah Pondok Kopi, Batavia, dan berhasil.

Selain ketujuh daerah tersebut, terdapat pula beberapa daerah lain yang juga menggunakan awalan Pondok. Seperti Pondok Aren, Pondok Kelapa, hingga Pondok Ranji.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)