Mengenal Asal Usul Nama Lebak Bulus di Jakarta

Jum'at, 06 Januari 2023 - 17:15 WIB
loading...
Mengenal Asal Usul Nama Lebak Bulus di Jakarta
Lebak Bulus merupakan sebuah kelurahan yang berada di di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Lebak Bulus merupakan sebuah keluraha n yang berada di di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Menurut channel youtube Lembaga Kebudayaan Betawi,Lebak Bulus sudah tercatat pada Erf Brief atau Surat Kepemilikan Tanah sejak tahun 1675.

Penamaan Kawasan ini erat dengan kontur tanah dan hewan endemik yang berada di wilayah tersebut.

Lebak berarti tempat yang tergenang air dan memiliki lumpur yang cukup dalam. Sedangkan Bulus merupakan kura-kura bertempurung lunak atau sejenis labi-labi.

Baca juga : Ini Asal Usul Nama Ragunan

Kemungkinan besar dulu di Kali Grogol dan Pesanggrahan yang mengalir di kawasan tersebut terdapat banyak kura-kura atau bulus.

Arsip Topographisch Bureau 1900 dan Data Tanah Partikelir 1912 mencatat kawasan Lebak Bulus merupakan milik perusahaan Simplicitas.

Kemudian berdasar Surat Kepemilikan Tanah, Erf Brief, yang dikeluarkan oleh pihak berwenang di Batavia pada 1675, kawasan Lebak Bulus adalah milik Bapak Made dan Bapak Candra yang dapat diwariskan.

Menurut catatan harian di Kastil Batavia, Bapak Made adalah orang asli Jawa berpangkat letnan, pada waktu itu setiap penduduk asli Pulau Jawa disebut orang Jawa, tidak dibedakan sebutannya antara orang Jawa, Sunda, dan Madura.

Pada kawasan ini juga banyak ditanami padi, kelapa, kopi, karet, Sereh, dan Jarak. Sementara penduduk banyak yang berprofesi sebagai petani buah, sayur mayur, dan bunga terutama bunga anggrek.

Baca juga : Mengenal Asal Usul Daerah Rawalumbu Bekasi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3053 seconds (0.1#10.140)