Mengenal Asal Usul Daerah Rawalumbu Bekasi

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:13 WIB
loading...
Mengenal Asal Usul Daerah Rawalumbu Bekasi
Rawalumbu merupakan salah satu Kecamatan yang terletak di kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Rawalumbu merupakan salah satu Kecamatan yang terletak di kota Bekasi , Provinsi Jawa Barat . Hingga kini daerah tersebut sangat terkenal dengan wisata kulinernya, terutama kuliner pada malam hari.

Selain itu daerah bekasi ini juga menyimpan kisah unik dalam pembentukan wilayahnya.

Nama Rawaloemboe terdiri dari dua suku kata yaitu Rawa dan Lumbu. Rawa merupakan sebuah lahan yang terdapat genangan secara terus menerus dan lumbu adalah sebutan untuk makhluk halus.

Baca juga : Asal Usul Penyematan Nama Babelan di Bekasi

Konon katanya daerah ini terdapat seorang pengembala hewan yang tiba - tiba hilang saat berada di area sekitar rawa. Cerita ini secara turun temurun menjadi terkenal dan masih dipercaya hingga sekarang ini.

Dilansir dari akun instagram @kotabekasikeren, pada mulanya daerah ini terkenal dengan sebutan daerah atau kampung Rawaroko. Banyak perantau yang beranggapan bahwa kampung ini memiliki banyak penduduk yang merokok.

Selain itu, sebutan nama rawaroko juga didasari dengan ditemukannya tanaman jenis tembakau yang ada disekitar wilayah rawa.

Tanaman tembakau tersebut dahulu kala digunakan sebagai bahan bakar untuk membuat batangan rokok. Namun berbeda dengan sekarang, tanaman tersebut sudah jarang terlihat oleh masyarakat penduduk sekitar.

Dengan kurangnya tumbuhan jenis tembakau yang ada di rawa tersebut, maka sebutan rawaroko sudah berkurang dan masyarakat kebanyakan sudah kembali mengenalnya dengan sebutan rawalumbu.

Daerah rawa ini sebelum ada banyak penduduk adalah wilayah yang kosong dan dulunya terdapat Kerajaan Pakwan-Padjajaran. Wilayah ini adalah wilayah dengan jatuhan air terbanyak, sehingga dulunya sering mengalami banjir bandang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)