Polisi: Travel Umrah Naila Syafaah Punya Ratusan Cabang Tak Berizin

Rabu, 29 Maret 2023 - 15:11 WIB
loading...
Polisi: Travel Umrah Naila Syafaah Punya Ratusan Cabang Tak Berizin
Kasubdit Harda Direskrimum Polda Metro Jaya Kompol Ratna Quratul Ainy. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menyebut agen travel umrah PT Naila Safaah Wisata Mandiri punya lebih dari 316 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari total jumlah cabang tersebut, hanya 46 yang resmi atau legal.

Kasubdit Harda Ditrektorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kompol Ratna Quratul Ainy menjelaskan, kantor-kantor cabang tersebut digunakan untuk mencari korban penipuan perjalanan umrah.

”Informasi terakhir sekitar 316 dan mungkin akan terus bertambah. Itu tersebar seluruh Indonesia selama ini. Kami akan terus dalami dan kembangkan,” ujar Ratna, Rabu (29/3/2023).



Menurut Ratna, tidak semua kantor cabang agen travel umrah PT Naila itu dilaporkan dan memiliki izin resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Banyaknya kantor cabang tersebut pun membuat para pelaku leluasa menjaring para calon jamaah haji yang hendak dijadikan korban penipuan. ”Yang resmi sekitar 46 cabang, tapi yang belum terdaftar sekitar 300-an,” ucapnya.

Polda Metro Jaya mengungkap kasus penipuan travel umrah, yang mengakibatkan jemaah sempat telantar di Arab Saudi dan tidak pulang ke Indonesia. Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, terdapat lebih dari 500 jemaah dengan kerugian mencapai Rp91 miliar.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menjelaskan, kasus ini terungkap berdasarkan informasi dari Kementerian Agama soal adanya jemaah yang tidak bisa pulang ke Tanah Air.



Para jemaah mengadu ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Arab Saudi karena ditelantarkan agen travel usai menjalani ibadah umrah. Setelah mendapat informasi tersebut, penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)