Polisi Bentuk Satgas Antimafia Umrah Imbas Ratusan Jemaah Ditelantarkan

Selasa, 28 Maret 2023 - 17:28 WIB
loading...
Polisi Bentuk Satgas Antimafia Umrah Imbas Ratusan Jemaah Ditelantarkan
Polda Metro Jaya membentuk Satgas Antimafia Umrah terkait banyak korban penipuan yang dilakukan PT Naila Safaah Wisata Mandiri (NSWM). Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya membentuk Satgas Antimafia Umrah terkait banyak korban penipuan yang dilakukan PT Naila Safaah Wisata Mandiri (NSWM). Tercatat korban penipuan agen travel umrah ini mencapai lebih dari 500 orang.

Kasubdit Keamanan Negara Ditrektorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan, saat ini terdapat 13 laporan terkait penipuan oleh agen travel PT NSWM.

"Data yang kami himpun itu jumlah korbannya lebih 500 orang. Maka dari itu kami membentuk Satgas Antimafia Umrah," kata Joko di Polda Metro Jaya, Selasa (28/3/2023).

Menurut Joko, tidak semua jemaah yang menjadi korban diberangkatkan lalu ditelantarkan di Arab Saudi usai menjalankan ibadah umrah.


Beberapa jemaah di antaranya, tidak diberangkatkan dan uang untuk perjalanan umrah yang telah disetorkan digelapkan oleh PT NSWM.

"Uang jemaah diterima tapi tidak diberangkatkan. Dananya digelapkan dan dipakai beli aset. Kemudian ada juga yang sudah diberangkatkan tapi di sana ditelantarkan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap pemilik travel umrah yang menelantarkan ratusan jemaahnya di Arab Saudi. Pemilik travel diketahui pasangan suami istri Mahfudz Abdulah alias Abi (52) dan istrinya Halijah Amin alias Bunda (48).

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi mengatakan, kedua pelaku merupakan pemilik travel umrah PT NSWM. Pasangan suami istri ini ditangkap di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Sudah ditangkap sejak 27 Februari 2023,” kata Hengki kepada wartawan, Selasa (28/3/2023). Hengki menuturkan, pihaknya juga menangkap Hermansyah (59) yang merupakan Direktur Utama dari PT NSWM, travel umrah milik pasutri Mahfudz-Halijah.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)