Warna Warni Pasar Malam Ramadan di Bogor, Hiburan Murah yang Bikin Rakyat Semringah

Minggu, 26 Maret 2023 - 18:03 WIB
loading...
Warna Warni Pasar Malam Ramadan di Bogor, Hiburan Murah yang Bikin Rakyat Semringah
Pasar malam di bulan Ramadan sangat ditunggu rakyat berkantong pas-pasan. Salah satu pasar malam Ramadan yang ramai yakni pasar malam di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Pasar malam di bulan Ramadan sangat ditunggu rakyat berkantong pas-pasan. Harganya cukup di dompet dan yang penting bikin anak-anak semringah. Salah satu pasar malam Ramadan yang ramai yakni pasar malam di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Pasar ini rutin setiap bulan Ramadan, bahkan bulan-bulan biasa pun terkadang beroperasi. Tempat hiburan rakyat murah meriah di lahan kosong kawasan permukiman ini ditandai dengan lampu tembak yang menyorot ke langit pada malam hari.
Baca juga: Jelang Lebaran, Pasar Malam Kian Menjamur di Jakarta Barat

Berbagai jenis permainan anak-anak dan dewasa tersedia dengan hiasan lampu warna warni cantik yang memanjakan mata seperti bianglala, perahu ombak, kereta putar, dan wahana lainnya.

Tiket mulai dari Rp10 ribu. Pengunjung dapat menikmati wahana permainan dengan durasi waktu yang sudah ditentukan. Harga yang murah itu menjadikan pasar malam ramai dikunjungi warga.
Warna Warni Pasar Malam Ramadan di Bogor, Hiburan Murah yang Bikin Rakyat Semringah


Meski tanah becek habis diguyur hujan tidak menyurutkan antusias pengunjung yang datang ke pasar malam. Mereka bersusah payah berjalan dengan sandal penuh lumpur, toh mereka tetap menikmati hiburan tersebut.

"Anak-anak senang ke sini. Kalau Ramadan pasti ke sini," kata Karina (30), pengunjung pasar malam di Dramaga, Kabupaten Bogor, Sabtu (25/3/2023).

Tak hanya permainan, di pasar malam juga terdapat berbagai stand penjual baju, makanan, dan lainnya. Pengunjung bisa mencicipi kuliner sekaligus berbelanja untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

Pasar malam ini biasanya semakin ramai pengunjung beberapa hari menjelang Lebaran. Beberapa hari setelah Lebaran, pasar malam ditutup kemudian dibongkar.

Keberadaan pasar malam saat ini kian berkurang di berbagai wilayah seiring tidak adanya lahan kosong yang luas. Padahal, keberadaan pasar malam sangat dinanti dan menjadi tradisi hiburan selama Ramadan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)