Pemkab Bekasi Gelontorkan Rp4,7 Miliar Tanggulangi Bencana Banjir

Minggu, 12 Maret 2023 - 13:23 WIB
loading...
Pemkab Bekasi Gelontorkan Rp4,7 Miliar Tanggulangi Bencana Banjir
Pemkab Bekasi mengalokasikan anggaran untuk menangani bencana banjir yang terjadi di wilayahnya. Foto/SINDOnews
A A A
BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelontorkan Rp4,7 miliar untuk penanggulangan banjir yang melanda daerah itu sepanjang dua pekan terakhir melalui pendistribusian bantuan logistik serta perbaikan saluran air bermasalah.

”Besok (Senin) pencairan Rp2,8 miliar. Kemarin dicairkan Rp1,9 miliar. Anggaran ada di berbagai dinas tapi pencairan BPBD, mereka yang mengkoordinir,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bekasi Hudaya, Minggu (12/3/2023).

Alokasi anggaran itu digunakan setelah Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menetapkan status tanggap darurat bencana hidrometeorologi. Status ini dinaikkan dari sebelumnya siaga darurat setelah banjir meluas hingga hampir melanda seluruh kecamatan.



Pencairan anggaran kedaruratan itu mulai dilakukan mulai pekan kemarin untuk berbagai keperluan terutama bantuan logistik warga terdampak. Anggaran juga dialokasikan untuk kebutuhan obat-obatan, di mana banyak warga mengeluhkan berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, anggaran dialokasikan untuk perbaikan sejumlah saluran air. Hal ini dilakukan lantaran terdapat beberapa titik banjir yang diakibatkan oleh saluran air yang tersumbat.

”Jadi dari berbagai dinas, seperti obat-obatan dari Dinas Kesehatan dan ada juga dari Dinas Sosial untuk permakanan. Kemudian dari Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi untuk perbaikan saluran air,” ucapnya.

Hudaya mengaku secara keseluruhan pemerintah daerah menyiapkan anggaran sebesar Rp11 miliar yang dialokasikan untuk kebutuhan kegawatdaruratan dalam kurun waktu setahun ke depan.



”Awalnya yang disiapkan itu sekitar Rp5 miliar namun ada pergeseran anggaran untuk mengantisipasi efek yang tidak diinginkan dari bencana. Maka kemudian ditambah menjadi Rp11 miliar dan sudah disalurkan sekitar Rp4,7 miliar,”katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)