Lomba Kreasi Makanan Etnik Meriahkan Hari Jadi Ke-26 Kota Bekasi, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Selasa, 07 Maret 2023 - 21:37 WIB
loading...
Lomba Kreasi Makanan Etnik Meriahkan Hari Jadi Ke-26 Kota Bekasi, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Salah satu makanan khas Bekasi yang etnik yakni Gabus Pucung. Foto: Ist
A A A
BEKASI - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Bekasi mengadakan lomba kreasi makanan etnik. Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-26 Kota Bekasi pada Jumat, 10 Maret 2023.

Sekretaris Disperindag Kota Bekasi Romi Payan mengatakan, kegiatan ini masuk dalam rangkaian perayaan HUT Ke-26 Kota Bekasi. Kegiatan dilaksanakan di Kampus Binus University Summarecon Bekasi, Senin 13 Maret 2023.
Baca juga: Canka Tajimalela Meriahkan CFD Kota Bekasi

”Pendaftaran gratis silakan datang ke kantor kami (Disperindag) untuk mendaftar atau bisa mendaftar secara online di akun media sosial kami,” ujar Romi, Selasa (7/3/2023).

Adapun syarat dan ketentuannya, peserta yang mengikuti lomba ini adalah peserta termasuk ke dalam Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang terverifikasi melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan se-Kota Bekasi.

Untuk syarat lainnya, maksimal peserta terdiri dari 2 orang dan harus seragam batik saat pelaksanaan. Setelah mendaftar, peserta diharapkan mengikuti technical meeting dan pengambilan nomor peserta di Kantor Disperindag Kota Bekasi.

Romi menjelaskan, salah satu kriteria yang akan dinilai oleh juri berupa kreativitas pengolahan bahan pangan berbasis nonberas nonterigu dan olahan ikan untuk main course tentunya dimasak dengan semenarik mungkin.

Selain itu, peserta diharuskan mempersiapkan 4 resep untuk dinilai di antaranya makanan pokok, appetizer, dessert, dan 1 macam minuman. (Semua resep nonberas dan nonterigu terkecuali minuman).

”Dilarang keras tidak menggunakan sayuran dan buah-buahan dari luar negeri, harus berbasis lokal. Yang lebih bagus didapatkan dari petani asli Bekasi,” katanya.

Saat pelaksanaan peserta diharapkan mempersiapkan presentasi makanan pada pukul 08.00 - 09.00 WIB. Dan penjurian dimulai Selasa 14 Maret 2023 pukul 10.00 WIB hingga acara dinyatakan selesai.

”Presentasi makanan tidak dibenarkan apabila melebihi tempat yang telah ditentukan panitia, kreasi makanan yang dilombakan merupakan karya original dan tidak pernah dilombakan sebelumnya, serta keputusan juri adalah mutlak,” ujar Romi.

Terakhir, pihaknya akan memberitahukan pengumuman pemenang lomba pada rangkaian acara pembukaan dalam Pameran Dagang Lokal (Bekasi Fair) 2023 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)