Razia Apartemen di Jaksel, 24 Warga Asing Terjaring

Rabu, 01 Maret 2023 - 20:18 WIB
loading...
Razia Apartemen di Jaksel, 24 Warga Asing Terjaring
Sebanyak 24 warga asing terjaring dalam razia gabungan yang dilakukan Imigrasi dan Timpora Jakarta Selatan pada Selasa (28/2/2023) malam. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Sebanyak 24 warga asing terjaring dalam razia gabungan yang dilakukan Imigrasi dan Timpora Jakarta Selatan pada Selasa (28/2/2023) malam. Mereka diciduk setelah pihaknya merazia dua apartemen di Jakarta Selatan.

Dalam razia itu, petugas Imigrasi dan Timpora menggandeng pihak kepolisian, kejaksaan, TNI, BNN Jakarta Selatan, Kesbangpol, Kecamatan, Kelurahan, serta perangkat masyarakat.

“Kami ingin ciptakan masyarakat tertib hukum dan menindak orang asing yang menyalahgunakan izin tinggal,” kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin.
Baca juga: Sindikat Penipuan Internasional, 26 WNA China Dideportasi

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun menuturkan operasi gabungan ini dilaksanakan melalui pendekatan persuasif dan humanis serta tetap menjunjung tinggi prinsip-prinsip HAM.

“Jika ada pelanggaran baik secara keimigrasian maupun non keimigrasian oleh orang asing yang ditemukan dalam operasi gabungan kali ini akan ditindaklanjuti dengan profesional sesuai wewenang masing-masing instansi,” kata Ibnu.

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Felucia Sengky Ratna yang memimpin langsung razia menemukan beberapa pelanggaran imigrasi, salah satunya tidak dapat menunjukkan dokumen. Sanksi administratif diberikan kepada mereka yang melanggar.

Pihaknya juga mendapati beberapa orang asing yang tempat tinggalnya tidak sesuai dengan yang dilaporkan ke negara. “Sebagian besar orang asing yang diperiksa berprofesi sebagai Tenaga Kerja Asing dan terdapat beberapa dengan alamat tempat tinggal yang tidak sesuai,” ujarnya.

Dalam razia sebanyak 24 orang diamankan petugas dengan rincian 7 orang asing yang tidak dapat menunjukkan dokumen keimigrasian dan 17 orang asing akan diperiksa lebih lanjut terkait perbedaan alamat tinggal. Sementara, hasil tes urine yang dilakukan BNN menunjukkan hasil negatif.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)