Kronologi Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Khilaf Sebut Bersumpah Injak Al-Qur-an

Senin, 27 Februari 2023 - 19:25 WIB
loading...
Kronologi Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Khilaf Sebut Bersumpah Injak Al-Qur-an
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan menyampaikan permintaan maaf terkait ucapan bersumpah injak Al-Quran yang dilontarkannya hingga menimbulkan polemik. Foto: MPI/Dok
A A A
BOGOR - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan menyampaikan permintaan maaf terkait ucapan bersumpah injak Al-Qur'an yang dilontarkannya hingga menimbulkan polemik. Iwan mengaku khilaf dan tidak ada niatan merendahkan kitab suci Al-Qur'an.

"Sebagai muslim, karena imam saya Al-Qur-an, saya menjunjung betapa tingginya Al-Qur.an. Saya sampai sumpah demi Allah, demi Rasulullah, demi Al-Qur'an. Tapi memang ada kalimat yang saya khilaf, karena di luar jangkauan," ujar Iwan, Senin (27/2/2023).

Iwan menjelaskan, hari itu sedang mengikuti lima kegiatan. Saat mengikuti kegiatan terakhir itulah ia khilaf ketika didesak wartawan soal isu jual beli jabatan. "Jadi dalam kondisi capek dan tiba-tiba diberi pertanyaan seperti itu, ada kalimat yang khilaf," ungkapnya.


Dalam video yang viral, terucap kalimat dari Iwan bahwa siap bersumpah injak Al-Qur-an. Kontan, pernyataan Iwan ini mendapat kecaman dari berbagai pihak. Salah satunya dari Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Ulama dan Ketua Majilis Syuro PA 212 Ustaz Yusuf Marta. Ia mengutuk ucapan Iwan tersebut.

"Saya tantang Anda (Iwan Setiawan), jika Anda melaksanakan omongan Anda undang saya. Saya akan berada di samping Anda jika Anda ingin melakukan hal tersebut," ucapnya.

Iwan meminta maaf terkait kalimat yang keliru tersebut sehingga memunculkan polemik. Sebagai pribadi yang dibesarkan di lingkungan pesantren, Iwan menegaskan tidak ada niat sedikitpun untuk merendahkan Al-Qur'an.

“Mohon maaf kalimat itu yang keluar, itu untuk menegaskan. Manusia itu tempatnya khilaf. Kepada seluruh umat muslim, saya mohon maaf jika merasa terganggu. Saya lahir di lingkungan ponpes, saya besar di Ponpes Nurul Haq Cisarua, masih satu keluarga. Saya banyak belajar di sana dan diajarkan bagaimana memuliakan Al-Qur'an. Jadi tidak ada sedikit pun niat ke arah sana," tegasnya.

Iwan menceritakan, kejadian bermula selepas menghadiri rapat koordinasi dengan seluruh kepala Puskesmas se-Kabupaten Bogor di Lido, Cigombong, pada Selasa 21 Februari 2023. Setelah acara selesai kegiatan, dia melayani wawancara langsung atau doorstop dengan wartawan.



Ketika sudah dalam kendaraan dan akan meninggalkan lokasi, ada salah satu wartawan yang mengejarnya menanyakan soal isu jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)