Ungkapan Rasa Syukur, Ratusan Umat Buddha Gelar Sembahyang Po Un di Vihara Amurva Bhumi Jaksel

Jum'at, 10 Februari 2023 - 15:27 WIB
loading...
Ungkapan Rasa Syukur, Ratusan Umat Buddha Gelar Sembahyang Po Un di Vihara Amurva Bhumi Jaksel
Ratusan umat Buddha antusias menggelar sembahyang Po Un di Vihara Amurva Bhumi, Karet, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Ratusan umat Buddha antusias menggelar sembahyang Po Un, ritual yang menjadi rangkaian dari perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh . Kegiatan ini sebagai ungkapan rasa terima kasih karena telah melalui tahun baik dan tahun yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Bersamaan dengan itu juga digelar perayaan menyambut tahun Kelinci dan berharap kondisi masyarakat akan lebih baik lagi. Ritual berlangsung di Vihara Amurva Bhumi, Karet, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).

Seusai ritual Po Un juga digelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Eksistensi Vihara Amurva Bhumi (Hok Tek Tjeng Sin) bagi Kerukunan dan Kemashalatan Umat. Hadir sebagai pembicara sejumlah tokoh antara lain Pembimas Budha Kanwil Kemenag DKI Jakarta Suwanto, Penyelenggara Budha Kemenag Jakarta Selatan Riyadi, Penyelenggara Budha Kemenag Jakarta Barat Jasman, Penyelenggara Budha Kemenag Jakarta Timur Pandu Dinata, dan Penyelenggara Budha Kemenag Jakarta Utara Mugiyanto.
Baca juga: Ribuan Warga Padati Festival Cap Go Meh di Kota Bogor

Pembimas Budha Kanwil Kemenag DKI Jakarta Suwanto mengingatkan bagaimana vihara dikelola agar lahirnya kerukunan dan kemaslahatan umat Buddha. Konteksnya bagaimana rumah ibadah harus menjadi pendukung, pendorong agar menciptakan perdamaian dan keharmonisan.

Terhadap kedua hal itu perlu diciptakan suasana hati, pikiran, dan jiwa yang bersih. Dengan kata lain, realitas tersebut dapat juga diwujudkan lewat pembinaan mental spiritual yang salah satunya melalui baca-baca panita, sutra, dan mantra.

Dia menegaskan vihara juga harus menjadi nilai dan memberi manfaat kepada umat dan menjadi rumah bagi umat Buddha, khususnya menjadi pusat kegiatan keumatan, spiritual, sosial, pendidikan, dan budaya.

Dengan demikian, keberadaan vihara benar-benar memberikan manfaat bagi umat Buddha dan bagi lingkungan sekitar. “Jika ini terjadi, maka keharmonisan dan kerukunan bisa terwujud,” ujar Suwanto.

Tokoh umat Tionghoa Lie Kok Tie mengatakan, ritual ini digelar rutin tiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas apa yang dilalui tahun lalu dengan baik, sehat, dan sejahtera. Dia berharap ke depan kondisi masyarakat Indonesia pada umumnya akan lebih baik dalam suasana rukun dan harmonis.

“Biasanya setelah Imlek ada yang namanya perayaan Cap Go Meh dan kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan atau upacara syukuran atas apa yang diberikan Sang Pencipta,” katanya.

Menurut dia, eksistensi vihara sebagai tempat ibadah dan cagar budaya ini harus mengedepankan kemaslahatan umat. Untuk mewujudkan niat tersebut, Lie Kok Tie minta agar vihara dipimpin manajemen yang baik, transparan dari umat untuk umat.
Baca juga: Taruna Merah Putih DKI: Cap Go Meh Momentum Perekat Toleransi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)