MNC Land dan MNC Peduli Gelar Pemeriksaan Hemoglobin Siswi SMP di Cigombong

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:36 WIB
loading...
MNC Land dan MNC Peduli Gelar Pemeriksaan Hemoglobin Siswi SMP di Cigombong
MNC Land dan MNC Peduli melaksanakan kegiatan screening kadar hemoglobin para siswi di SMP Negeri 1 Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/1/2023). Foto/Putra Ramadhani
A A A
BOGOR - MNC Land dan MNC Peduli melaksanakan kegiatan screening kadar hemoglobin para siswi di SMP Negeri 1 Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan bekerja sama dengan Puskesmas Cigombong ini diharapkan dapat mendeteksi dini kelainan darah para siswi.

"Hari ini kegiatan di SMPN 1 Cigombong adalah men-screening dan mendeteksi dini mengenai kadar HB untuk remaja putri di kelas 7 sampai 10, yang merupakan kegiatan nasional dari pemerintah pusat," kata Kepala Puskesmas Cigombong dr. Dian Nurdiani kepada MNC Portal, Selasa (31/1/2023).

Dalam kegiatan ini, Puskesmas Cigombong dan pihak sekolah akan mencatat para siswi yang mengalami anemia untuk diberikan tindakan lanjutan seperti pemberian obat penambah darah.

"Tujuannya men-screening, mendeteksi awal para remaja, kita sasaran sekolah SMP dan SMA, jadi agar bisa menyisir jumlah data berpotensi di Kecamatan Cigombong sebagai upaya mengantisipasi untuk arah tindak lanjutnya dari kita. Alhamdulillah tidak ditemukan kriteria berat. Jadi anemia terbagi tiga, ringan, sedang, dan berat."

Selain deteksi dini tersebut, pihak sekolah bisa melakukan pendataan sekaligus pemeriksaan berkala termasuk tindak lanjut bagi siswi yang kekurangan darah. "Pastinya kami menyambut baik kegiatan ini karena pasti kami ingin memiliki semua siswa sehat. Dengan pemeriksaan secara berkala kita bisa mencegah jangan sampai ada anemia berat yang dialami siswa kami," kata Kepala SMP Negeri 1 Cigombong, Rojai.



Selama kegiatan berlangsung, terlihat ratusan siswi sangat antusias mendengarkan edukasi yang diberikan sekaligus proses screening. "Harapan kami dengan MNC Land dan MNC Peduli kami bisa bekerja sama terus dengan baik dalam pecapaian siswa kami ataupun proses kegiatan pembelajaran di SMPN 1 Cigombong," harapnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)