Operasional RoyalTrans Kembali Dibuka via Aplikasi Tijeku

Selasa, 14 Juli 2020 - 14:03 WIB
loading...
Operasional RoyalTrans Kembali Dibuka via Aplikasi Tijeku
Transjakarta membuka kembali dua rute layanan premium RoyalTrans, rute 1K (Cibubur–Blok M) dan 6P (Cibubur–Kuningan).Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Transjakarta membuka kembali dua rute layanan premium RoyalTrans, rute 1K (Cibubur–Blok M) dan 6P (Cibubur–Kuningan). Pengguna bisa menumpangi bus tersebut melalui aplikasi pre-order booking dengan tarif yang masih sama, Rp20.000 sekali jalan.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, pre-order booking hanya dapat dilakukan pelanggan melalui aplikasi Tijeku pada H-1 keberangkatan untuk memastikan kesediaan tempat duduk. Selama pandemi, Transjakarta menerapkan protokol kesehatan secara konsisten diseluruh armada dan wilayah operasionalnya, membatasi jam operasional dan mengurangi kapasitas angkut hingga maksimum 50%.

"Tak terkecuali dengan layanan RoyalTrans ini, dengan kapasitas maksimum yang kini hanya 15 pelanggan per bus, maka perlu dipastikan ketersediaan tempat duduk bagi pelanggan sehingga tidak ada proses antrian naik dan turun bus dan tidak ada yang berdiri selama perjalanan bagi pelanggan RoyalTrans," kata Nadia di Jakarta, Selasa (14/7/2020). (Baca: Sistem Jemput Bola, Pemkot Jakut Lakukan Perekaman E-KTP untuk Disabilitas)

Pelanggan tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan selama berada di dalam bus, yaitu pengecekan suhu badan sebelum naik bus, mengenakan masker, tidak berbicara selama dalam perjalanan dan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah naik turun bus."Aplikasi Tijeku yang sudah diperbaharui dengan pre-order booking RoyalTrans dapat diunduh pada gawai berbasis Android, dan sedang dalam proses pembaharuan pada gawai berbasis IOS," ujarnya.

Dalam aplikasi tersebut, lanjut Nadia, pelanggan dapat memilih jadwal keberangkatan dan kepulangan RoyalTrans yang tersedia.
Setelah pre-order selesai, maka pelanggan dapat datang ke bus stop sesuai dengan jadwal dan lokasi yang telah dipilih, tap in di dalam bus untuk selanjutnya melakukan perjalanan dengan WiFi gratis sesuai rute yang dituju.

Sekadar informasi, Rute 1K dan 6P merupakan rute perdana RoyalTrans yang beroperasi setelah sebelumnya sempat dihentikan ketika Jakarta dinyatakan darurat Covid-19. "Rute-rute Royaltrans lainya akan dibuka secara bertahap agar dapat memobilisasi masyakarat dari luar Jakarta menuju tengah kota untuk beraktivitas," jelasnya.

Sebelum beroperasi, Transjakarta memastikan bus sudah siap melayani pelanggan mulai dari pengecekan teknis hingga pencucian armada bus dan interiornya menggunakan cairan disinfektan. Armada Royal juga telah dipasangi tanda jarak aman dan tersedia cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di untuk kenyamanan pelanggan.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)