4 Tempat Angker di Kebun Raya Bogor, Nomor 3 Makam Istri Prabu Siliwangi

Senin, 09 Mei 2022 - 17:50 WIB
2. Kolam Gunting

Lokasi Kolam Gunting berada di belakang Istana Bogor atau dekat pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Dinamakan Kolam Gunting jika terlihat dari atas, kolam ini menyerupai bentuk seperti gunting dengan pulau kecil di tengahnya. Pengunjung yang berada di sekitaran kolam akan menyaksikan kolam indah dengan air mancur dan bunga teratai merah muda.

Walau memberikan kesan cantik, namun terdapat sebuah rumor tentang kemistisan tempat ini. Di Kolam Gunting konon pernah ada penampakan sosok hitam dan besar yang merupakan penjaga kolam.

Ada juga yang mengaku melihat ular berukuran sangat besar muncul dari dalam kolam lalu menghilang seketika. Selain itu juga terdapat penampakan noni Belanda yang merupakan Lady Raffles, istri Thomas Stamford Raffles yang monumennya tak jauh dari kolam tersebut.



Kolam Gunting, KRB. Foto: Okezone

3. Kompleks Makam Istri Prabu Siliwangi

Kompleks makam istri Prabu Siliwangi memiliki luas sekitar 200 meter persegi yang dilindungi pagar besi. Lokasinya tak jauh dari Jembatan Merah Gantung, yang merupakan salah satu ikon di Kebun Raya Bogor. Tempat ini sering dihindari lantaran suasananya yang berbeda dan menyeramkan ditambah lagi letaknya yang lumayan jauh dan gelap.

Konon ada peziarah yang urung mendatangi makam ini untuk berdoa karena ada dua hewan putih dengan loreng hitam yang menjaga jalan menuju makam. Diketahui hewan tersebut merupakan harimau putih milik Prabu Siliwangi. Tak hanya terdapat makam Istri Prabu Siliwangi, di kompleks makam ini juga terdapat tiga makam lainnya, yakni makam Mbah Baul, Mbah Jepra, dan Solendang Galuh Pangkuan. Ketiganya merupakan petinggi Kerajaan Siliwangi pada masa lampau.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More