Sepekan Berlalu, Belum Satu Pun Curanmor di Jakarta Terungkap

Sabtu, 11 Desember 2021 - 05:48 WIB
Dua pelaku curanmor yang tertangkap kamera CCTV saat tengah beraksi di kawasan Jelambar, Jakarta Barat, Jumat (3/12/2021). foto/istimewa
JAKARTA - Kasus pencurian kendaraan bermotor ( curanmor ) yang belakangan marak di Jakarta terutama Jakarta Barat, membuat resah masyarakat Ibu Kota. Kendati sebagian sudah dilaporkan ke pihak kepolisian, namun hingga sepekan berlalu belum satu pun kasus curanmor berhasil diungkap.

baca juga: Jakarta Barat Marak Curanmor, Sepekan Lima Motor Digasak Maling

Pakar kriminologi Leopold Sudaryono meyakini kombinasi antara pencegahan dan penindakan harus dilakukan polisi untuk menyikapi maraknya kasus curanmor di wilayah Jakarta. Pencegahan di tingkat masyarakat dan pencegahan oleh Polri dengan cara mengidentifikasi dan melumpuhkan jaringan curanmor, penadah, dan penyalurnya.

"Tanpa ini, kita seperti mengeringkan lapangan yang basah, karena pencurian akan terjadi terus dengan lokasi/grup pemetik yang berganti," ujar Leo saat dihubungi KORAN SINDO, di Jakarta, Selasa (7/12).

Dia berpandangan, polisi harus melakukan tindakan tegas agar para pelaku curanmor jera, sehingga masyarakat tidak resah. Menurut Leo, identifikasi jaringan curanmor tentu membutuhkan kerja sama, melibatkan lima fungsi, yakni binmas, intelkam, satlantas, reskrim, dan Brimob untuk kekuatan pukul. Ini bisa diperkuat dengan pembentukan satgas khusus yang melakukan penyisiran dinamis (aktif dan berpindah) dan penggalangan wilayah.



baca juga: Polisi di Jakarta Kebobolan Lagi, Dua Motor Warga Kembali Digondol Maling

"Sindikat curanmor harus dihadapi sebagai organised crimes, tidak bisa dikejar sebagai kejahatan sporadis. Karenanya, harus ada operasi khusus, satgas khusus, anggaran khusus, dan pelaporan rutin kepada publik," ungkapnya.

Leo juga menyoroti adanya keengganan masyarakat untuk melapor kasus curamor ke polisi, umumnya diakibatkan ketidakyakinan masyarakat bahwa kasus akan bisa selesai. Padahal, jika poin-poin di atas yang ia sampaikan bisa dilakukan, diyakini performa Polri akan meningkat dan kepercayaan masyarakat akan menguat.

Di tempat terpisah, Kapolres Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan telah memberikan atensi kepada tiap Kapolsek untuk memaksimalkan pengungkapan kasus curanmor dan kejahatan jalanan lainnya. "Kejahatan jalanan menjadi atensi karena meresahkan masyarakat," ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More