Beraksi 15 Kali, Polisi Gadungan Ini Modal Pistol Replika untuk Takuti Korban

Rabu, 24 Maret 2021 - 21:16 WIB
Kapolsek Mampang, Kompol M Hari Agung Julianto (tengah) memberikan keterangan terkait penangkapan pelaku polisi gadungan, Rabu (24/3/2021). SINDOnews/Ari Sandita Murti
JAKARTA - Seorang polisi gadungan berinisial S (42) diciduk lantaran melakukan aksi penipuan dan pemerasan di kawasan Jakarta Selatan. Ketika beraksi, pelaku bermodalkan pistol replika untuk menakuti korbannya.

"Modus tersangka melaksanakan aksi kejahatannya dengan mengaku-aku sebagai anggota polisi yang sedang mencari pengguna narkoba atau tindak pidana lainnya," ujar Kapolsek Mampang, Kompol M Hari Agung Julianto pada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Menurut dia, pelaku yang mengaku-aku sebagai polisi itu mencari sasarannya orang-orang yang berkerumun di jalanan. Di situ pelaku berpura-pura tengah menjalankan tugas untuk membubarkan kerumunan demi pencegahan COVID-19. (Baca juga; Polisi Gadungan Dibekuk, Biasa Incar Pelaku Prostitusi Online di Hotel )



Pelaku yang berprofesi sebagai penjaga konter handphone itu mengancam korbannya menggunakan senjata mainan. "Tersangka melakukan aksinya dengan ancaman kekerasan menggunakan replika senjata api, lalu merampas barang milik korbannya, seperti handphone," tuturnya.

Dia menerangkan, pelaku yang diciduk polisi di kawasan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat itu, mengaku nekat berbut kejahatan itu dengan alasan ekonomi. Kepada polisi, pelaku mengaku sudah melakukan aksinya itu sebanyak 15 kali. (Baca juga; Mengaku Calon Kapolres Tangerang Kota, Polisi Gadungan Ini Raup Rp1,7 Miliar )

Saat ini polisi masih mendalami lebih lanjut di mana saja pelaku beraksi, selain di kawasan Cilandak, Mampang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat. "Akibat perbuatannya tersangka dikenakan Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama sembilan tahun penjara," katanya.
(wib)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More