Dua Petugas Lapas Ditengarai Bantu Pelarian Gembong Narkoba Cai Changpan

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 17:02 WIB
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
JAKARTA - Polda Metro Jaya menemukan adanya indikasi dua pekerja Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas I Tangerang, turut membantu pelarian terpidana mati gembong narkoba asal China, Cai Cangpan alias Cai Ji Fan alias Antoni.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ada 14 saksi yang diperiksa terkait pelarian Cai. Bahkan, rekan satu kamar dengan Cai dan beberapa saksi lain didalami, karena ditemukan kejanggalan.

"Ada dua petugas LP yang diduga ikut membantu pelarian Cai. Kedua pihak lapas itu berinisial S dan S. Dia merupakan sipir dan PNS di lapas tersebut,” ujar Yusri, Jumat (2/10/2020).

Hasil penyelidikan awal, kedua petugas itu diduga membantu pelarian Cai Changpan. Namun, kedua petugas itu belum ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi. (Baca juga: Sempat Pulang ke Bogor, Istri Terpidana Mati yang Kabur dari Lapas Tangerang Diperiksa)

"Tim sudah melakukan pemeriksaan dan sudah gelar perkara awal dan ada indikasi dua pegawai sipir ini melakukan kelalaian yang bisa dikenakan Pasal 426 KUHP," ungkap Yusri.



Lebih jauh Yusri mengatakan, hari ini polisi akan melakukan gelar perkara untuk menentukan status kedua orang itu. Gelar perkara bertujuan untuk mencari tindakan pidana yang dibuat oleh kedua dalam kasus ini. (Baca juga: Pengunggah Foto Wapres Ma'ruf Amin-'Kakek Sugiono' Digiring ke Jakarta)

"Kedua-duanya ini ada indikasi yang memang rencana hari ini mau digelarkan kedua orang ini. Memang sementara (berstatus) saksi dan rencana hari ini kita gelar perkara apakah yang bersangkutan bisa ditetapkan sebagai tersangka," kata Yusri.

Seperti diketahui, Cai Changpan berhasil kabur dari Lapas Tangerang pada Senin (14/9/2020) yang lalu. Napi itu melarikan diri dengan cara menggali lubang dari sel menuju ke luar lapas. Ditemukan barang bukti seperti obeng, besi, sekop hingga pompa air yang diduga digunakan napi ini untuk menggali tanah.
(thm)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More