Pilkada Jakarta, 4 Kader PDIP Masuk Bursa Cawagub Anies

Rabu, 24 Juli 2024 - 16:36 WIB
Rano juga berpengalaman di eksekutif, yakni pernah menjadi Wakil Bupati Tangerang, Wakil Gubernur Banten, dan Gubernur Banten.



Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana yakin kehadiran Rano Karno bisa memperluas basis pemilih Anies. Sebab, cawagub pendamping Anies harus mewakili semua kelompok, mengingat masyarakat Jakarta memiliki latar belakang yang beragam dan kosmopolitan.

"Sosok Rano Karno layak karena pernah berpengalaman di eksekutif dan legislatif. Artinya memang dia ini kan orang Jakarta yang memiliki track record (latar belakang) yang jelas sebagai seniman dan labeling-nya itu dari Jakarta. Jadi penerimaan sosok beliau sendiri di masyarakat relatif mudah, enggak akan punya kesulitan," ujar Aditya, Rabu (17/7/2024).

4. Prasetyo Edi Marsudi

Prasetyo Edi Marsudi lahir di Kudus, 13 Mei 1962. Dia kini menjabat sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta. Jabatan tersebut diembannya sejak 2014.

Pada Pemilu 2024, Prasetyo yang bertarung di Daerah Pemilihan DKI Jakarta II, gagal melenggang ke Senayan. Dia pun harus mengubur mimpi naik kelas dari DPRD ke DPR RI.

Pemerhati masalah Jakarta, Sugiyanto Emik mengatakan, sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta dua periode, Prasetyo Edi Marsudi telah menunjukkan kepemimpinan yang kuat dan pemahaman mendalam tentang berbagai isu yang dihadapi oleh Jakarta. Pengalamannya di legislatif selama hampir 13 tahun membuatnya memiliki wawasan luas mengenai kebutuhan dan aspirasi warga Jakarta.

Menurutnya, Prasetyo juga memiliki hubungan yang harmonis dengan Anies Baswedan. "Prasetyo Edi Marsudi dan Anies Baswedan telah menunjukkan kemampuan untuk bekerja sama dengan baik dalam berbagai kesempatan. Kolaborasi yang baik antara mantan Gubernur Anies dan Ketua DPRD Jakarta yang akrab disapa Om Prass telah terbukti dengan banyaknya keberhasilan program-program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya, Rabu (24/7/2024).
(zik)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More