5 Bangunan Bersejarah di Kota Bekasi, Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Melawan Penjajah

Selasa, 14 Mei 2024 - 20:13 WIB
Kota Bekasi memiliki banyak bangunan bersejarah yang perlu diketahui, salah satunya Gedung Juang 45, Jalan Sultan Hasanudin, Tambun Selatan. Foto: Dok SINDOnews
BEKASI - Kota Bekasi memiliki banyak bangunan bersejarah yang perlu diketahui. Bangunan bersejarah itu bisa menjadi pilihan wisata edukatif untuk menghabiskan waktu libur di akhir pekan.

Pada sejarahnya, Bekasi menjadi salah satu daerah yang sering menjadi saksi peristiwa-peristiwa pertempuran. Tak heran apabila penyebutannya dikenal sebagai Kota Patriot.





Demi mengenang sejarah dan perjuangan para pahlawannya, sebagian besar peristiwa tersebut diabadikan dalam berbagai bentuk peninggalan sejarah. Misalnya monumen, gedung bersejarah, dan lainnya.

Bangunan Bersejarah di Kota Bekasi

1. Monumen Perjuangan Rakyat

Monumen Perjuangan Rakyat terletak di kawasan Alun-alun Kota Bekasi, tepatnya Jalan Veteran, Bekasi Selatan. Mengutip laman Disparbud Kota Bekasi, monumen ini didirikan pada 5 Juli 1955.

Monumen berbentuk persegi lima dari batu bata itu dibangun dalam rangka menyambut HUT ke-10 RI dan HUT ke-5 Kabupaten Bekasi tahun 1955. Pembangunannya ditujukan memperingati beberapa peristiwa yang terjadi di Bekasi yakni Peristiwa bulan Agustus 1945 (Proklamasi Kemerdekaan) dan Peristiwa awal bulan Februari 1950 (Penentuan Revolusi Rakyat Bekasi).

2. Gedung Juang 45 Bekasi

Gedung Juang 45 ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah menarik di Bekasi. Tempat tersebut menyimpan banyak kisah bersejarah perjuangan rakyat Bekasi melawan penjajah.

Gedung Juang 45 berlokasi di Jalan Sultan Hasanudin, Kecamatan Tambun Selatan. Dikenal juga sebagai Gedung Tambun. Pembangunannya dulu dibentuk dalam dua tahap yaitu tahun 1906 dan 1925.

Saat ini, Gedung Juang 45 Bekasi telah dialihfungsikan menjadi Museum Bekasi. Tempat tersebut menampilkan berbagai koleksi sejarah Bekasi dari sebelum dan sesudah kemerdekaan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More