5 Bangunan Bersejarah di Kota Bekasi, Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Melawan Penjajah

Selasa, 14 Mei 2024 - 20:13 WIB

3. Gedung Papak

Berikutnya ada Gedung Papak. Lokasinya berada di Jalan Ir H Juanda, Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Gedung Papak menjadi saksi perjuangan rakyat Bekasi pada masa revolusi. Dulunya, gedung ini adalah milik seorang pengusaha keturunan Tionghoa bernama Lee Guan Chin.

Dia menyerahkan gedung tersebut secara sukarela sebagai salah satu markas perjuangan. Hal ini dilakukannya karena memiliki hubungan baik dengan gerakan kerakyatan yang dipimpin KH Noer Alie.

Gedung Papak memiliki arsitektur khas yang sudah dikenal masyarakat Bekasi. Tanpa mengubah bentuk bangunannya, tempat tersebut memang cocok apabila dimanfaatkan sebagai ruang publik dalam rangka peningkatan kecintaan kepada daerah atau budaya Bekasi.

4. Tugu Agus Salim

Tugu Agus Salim berada di Jalan KH Agus Salim, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Melihat bagian atas bangunan ini, terdapat ornamen pecahan peluru meriam, mortir, dan granat tangan di sekelilingnya.

Pada sejarahnya, tugu setinggi 205 cm tersebut memiliki makna historis mendalam dan menjadi saksi perjuangan rakyat Bekasi melawan tentara penjajah. Masyarakat sekitar juga biasa menyebutnya dengan nama Tugu Pahlawan.

5. Monumen Kali Bekasi

Kemudian, ada Monumen Kali Bekasi. Bangunan ini juga dikenal sebagai Monumen Front Perjuangan Rakyat Bekasi.

Lokasi Monumen Kali Bekasi berada di tepi Kali Bekasi atau Jalan Ir H Juanda. Menurut sejarah, monumen ini dulunya pernah menjadi lokasi perjuangan rakyat Bekasi melawan tentara Jepang.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More