6 Kawasan di Jakarta yang Ramah untuk Pejalan Kaki

Selasa, 04 Juli 2023 - 11:38 WIB

4. Trotoar Jalan Proklamasi dan Jalan Penataran

Pemprov DKI Jakarta juga sudah melakukan penataan dan pembangunan jalur pedestrian di Jalan Proklamasi dan Jalan Penataran, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Penataan trotoar ini membuat pejalan kaki semakin nyaman.

Terlebih di kawasan Pegangsaan terdapat objek wisata kuliner di kawasan Pegangsaan. Jadi masyarakat pejalan kaki bisa sembari menikmati wisata kuliner.

Dalam pembangunan jalur pedestrian ini Pemprov DKI mengusung konsep complete street dengan pembagian ruang yang tepat sesuai aturan yang ada. Konsep penataan trotoar ini berbasis kawasan. Artinya, bukan hanya membangun jalur pedestrian tetapi ada pembangunan saluran, taman, lampu, jalur sepeda, dan wisata kuliner.

5. Trotoar Jalan Wahid Hasyim

Tepat di pusat Kota Jakarta, juga terdapat kawasan yang nyaman buat pejalan kaki, yakni trotoar Jalan Wahid Hasyim. Jalur pedesterian ini terbentang dari kawasan Tanah Abang, melintasi Sarinah hingga Jalan KH Wahid Hasyim-Jalan Menteng Raya-Jalan Taman Cut Mutiah dan Jalan Johar.

Bagi pengguna KRL Commuter Line yang ingin ke kawasan Sarinah maupun Tanah Abang, cukup turun di Stasiun Gondangdia. Selanjutnya tinggal turun dan berjalan di atas trotoar yang nyaman.

6. Trotoar Danau Sunter

Di wilayah Jakarta Utara, juga terdapat kawasan yang ramah bagi pejalan kaki, yakni trotoar Danau Sunter. Jalur pedestrian yang semula hanya memiliki lebar sekitar 2 meter kini telah ditata menjadi 4 meter. Penataan ini membuat masyarakat pejalan kaki semakin nyaman.

Jalur pedestrian Danau Sunter juga memiliki tempat duduk dan jalur sepeda. Terlebih kawaasan Danau Sunter terdapat banyak pohon. Sehingga, trotoar saat ini bisa dijadikan tempat interaksi sosial sekaligus tempat pejalan kaki yang aman dan nyaman.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More