Perbedaan Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soetta

Kamis, 01 Juni 2023 - 14:05 WIB
Bandar Soekarno-Hatta (Soetta) merupakan salah satu pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) ke Indonesia. Foto/MPI/Dok
JAKARTA - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) merupakan salah satu pintu masuk bagi warga negara asing (WNA) ke Indonesia. Objek vital yang berada di wilayah Tangerang, Banten, ini mulai beroperasi pada tahun 1985.

Keberadaan bandara yang dikenal pula dengan nama Bandara Soetta ini adalah untuk menggantikan Bandara Kemayoran yang ditutup pada 31 Maret 1985.

Saat ini, Bandara Soetta memiliki 3 terminal untuk melayani penerbangan, baik domestik maupun internasional.



Berikut beberapa perbedaan Terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soetta.



1. Tahun Operasi dan Lokasi

Operasional Terminal 1 Bandara Soetta bersamaan dengan dioperasikannya Bandara Soetta, yaitu pada tahun 1985. Lokasinya di sisi selatan bandara.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 1992, Terminal 2 Bandara Soetta mulai dibuka. Terminal 2 terletak di sisi utara bandara, berseberangan dengan Terminal 1.

Sedangkan Terminal 3 dibangun dua tahap. Terminal 3 tahap pertama beroperasi pada 2009, lokasinya di sebelah timur Terminal 2.

Selanjutnya, dibangun Terminal 3 Ultimate yang terletak di sisi timur-utara bandara. Terminal 3 Ultimate beroperasi tahun 2016.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More