Pertumbuhan Ekonomi Jakarta usai Lebaran Diprediksi Meningkat 5 Persen

Selasa, 09 Mei 2023 - 21:15 WIB
Karena itu, untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi Jakarta di tengah berbagai potensi risiko yang muncul, pihaknya akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi antara berbagai instansi melalui lima strategi.

Pertama, menjaga keberlangsungan pertumbuhan konsumsi rumah tangga dengan menjaga daya beli masyarakat melalui pengendalian inflasi agar tetap rendah dan stabil dalam rentang sasaran yang ditetapkan dengan memperkuat strategi 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif); menyukseskan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP); serta menyalurkan bansos secara tepat waktu dan tepat sasaran.

Kedua, mengoptimalkan dan mengakselerasi realisasi belanja pemerintah, termasuk elektronifikasi transaksi pemda. Lalu, mendorong kinerja investasi melalui pembangunan proyek program strategis agar sesuai rencana serta peningkatan iklim dan kemudahan investasi terutama di periode jelang Pemilu, termasuk event promosi investasi (Jakarta Investment Forum Agustus 2023).

“Kami juga akan mendorong digitalisasi UMKM baik dari sisi pemasaran dan sistem pembayaran (QRIS) serta expo UMKM untuk pembangunan ekonomi yang inklusif,” katanya.

Terakhir, mengoptimalkan lima sektor utama dengan pangsa terbesar dan mengembangkan sektor potensial untuk mempersiapkan pertumbuhan ekonomi Jakarta pasca-IKN 2024 yang berkelanjutan yaitu sektor pariwisata-akamamin, transportasi dan pergudangan, serta jasa pendidikan-kesehatan.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More