Pengadaan SIP, karena Penumpang Miskin Informasi Kereta

Kamis, 16 Oktober 2014 - 14:02 WIB
Pengadaan SIP, karena Penumpang Miskin Informasi Kereta
Pengadaan SIP, karena Penumpang Miskin Informasi Kereta
A A A
JAKARTA - Informasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan untuk siapapun. Tak terkecuali para penumpang kereta commuter line yang kebingungan mencari informasi khususnya tentang jadwal kereta api.

Hal itu disampaikan Dirut PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Tri Handoyo di Stasiun Sudirman, Jakarta, Kamis (16/10/2014).

"Coba dari anda-anda ini memakai seragam seperti kami (seragam PT KCJ) dan nongkrong di stasiun, maka akan banyak penumpang yang bertanya dimana kereta ini, kapan tibanya dan lain sebagainya. Artinya selama ini penumpang minim informasi," terangnya.

Dia menjelaskan, meskipun sudah diberikan informasi dari pengeras suara mengenai jadwal kereta, penumpang kurang bisa menangkap informasi tersebut.

"Karena audio ya jadi hanya berlalu begitu saja informasinya. Tapi ini kan visual atau tulisan, jadi mereka bisa lihat dengan jelas," ujarnya.

Konten Sistem Informasi Penumpang (SIP) di dalam kereta tidak berbeda jauh dengan layar SIP di stasiun.

Kontennya terdiri dari informasi real time, posisi KRL, hambatan di lintasan KRL dan untuk di stasiun Giant screen ditambahkan informasi live feed dari akun twitter dan facebook milik PT KCJ.

Untuk saat ini baru Stasiun Sudirman, Cikini dan Juanda yang dipasang giant screen atau layar SIP.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6585 seconds (0.1#10.140)