121 Sekolah Ikuti Apresiasi Seni Betawi

Kamis, 21 Agustus 2014 - 18:00 WIB
121 Sekolah Ikuti Apresiasi Seni Betawi
121 Sekolah Ikuti Apresiasi Seni Betawi
A A A
JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta gelar acara Peningkatan Apresiasi Seni Pertunjukan bagi pelajar di GOR Grogol, di Jalan Semeru Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Kepala Seksi Komunitas Bidang Pemberdayaan Masyarakat Disbudpar DKI Jakarta, Rus Suharto mengatakan selain memberikan bimbingan yang edukatif dan atraktif berdasar ekstrakurikuler di sekolah.

Kegiatan ini juga bertujuan agar pelajar di DKI Jakarta dapat mengetahui salah satu seni Betawi yang didalamnya terselip pesan moral, sehingga diharapkan mereka dapat mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Jakarta mempunyai sejarah seni tradisi yang panjang dan harus dimaksimalkan. Melalui kegiatan ini kami memupuk kecintaan para pelajar di Jakarta untuk mencintai seni pertunjukan Betawi," kata Rus di GOR Grogol, Jakarta Barat, Kamis (20/8/2014).

Rus menjelaskan, dalam kegiatan ini, para pelajar yang terdiri dari 121 sekolah SD dan SMA se Jakarta mengikuti lomba teater, seni tari, vokal grup. padahal mereka satu sekolah.

Mereka pelajar yang satu sekolah dipadukan menjadi satu cerita yang utuh. Para pelajar ini mendapat workshop terlebih dahulu mengenai konsep cerita, seni tradisi, seni peran, properti yang murah dan inovatif.

Selanjutnya, dari 115 sekolah ini akan dileksi menjadi 15 sekolah untuk seluruh DKI. Mereka mementaskan pertunjukan di gelanggang olah raga di masing-masing wilayahnya.

"Seni pertunjukan ini tidak hanya semata menghibur akan tetapi harus memiliki pesan yang jelas terhadap penonton. Seperti buang sampah pada tempatnya. Dalam seni pertunjukan, pesan-pesan yang disampaikan harus sangat jelas," ungkapnya.

Pertunjukan yang dilakukan ini, lanjut Rus, diamati oleh seniman Betawi dan akademisi. Nantinya, para pengamat ini memberikan rekomendasi untuk menampilkan para pelajar yang akan mengisi acara-acara Disbudpar.

"Para pelajar ini juga akan menjadi duta budaya Betawi," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7021 seconds (0.1#10.140)