Banyak perumahan di Depok di bawah sungai

Senin, 20 Januari 2014 - 19:49 WIB
Banyak perumahan di...
Banyak perumahan di Depok di bawah sungai
A A A
Sindonews.com - Setiap konsumen yang ingin membeli rumah di wilayah Depok mungkin waktunya untuk lebih selektif. Karena banyak perumahan di Depok berada di dekat dan lebih rendah dari sungai.

Hal demikian berpeluang terendam banjir saat musim hujan datang. Sempitnya sungai karena bangunan liar serta sedimen, ikut memperparah terjadinya banjir.

"Ada beberapa sungai posisi di atas perumahan," tegas Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail di Balai Kota Depok, Senin (20/1/2014).

Untuk menghindari banjir yang merendam perumahan, Nur Mahmudi mengatakan, caranya adalah menguatkan tanggul Kali Laya agar tak berpotensi retak. Perumahan Bukit Cengkeh, Taman Duta, Cimanggis Country , harusnya melakukan hal itu.

Nur Mahmudi mengaku tak bisa melarang pengembang membangun perumahan dengan posisi seperti itu, asalkan pembangunan tak dilakukan di kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau saluran irigasi.

"Kalau kita mengatakan itu dilarang, itu kan posisinya bukan sawah. Wajar saja dibangun masih bisa, makanya harus perkuat tanggul. Pengembang juga harus persiapkan tanggul cadangan ke sungai-sungai," tandasnya.

Diingatkan kembali oleh Nur Mahmudi, penyebab banjir yakni curah hujan berlebihan serta kawasan yang tak diimbangi kapasitas resapan.

"Tak cukup menahan limpasan air atau run off. Ini kan disalurkan dari drainase, parit, sungai kecil, sungai besar. Tak cukupnya saluran-saluran dari parit yang bisa mengalirkan air limpasan sampai ke muara dan hilir dengan lancar, ini menyebabkan banjir, salah satunya di Depok memang banyak terjadi di perumahan," ungkapnya.

Lebih dari lima perumahan di Depok menjadi langganan banjir tiap kali hujan deras. Sebut saja Perumahan Bukit Cengkeh, Taman Duta, Tirta Mandala, Cening Ampe, Graha Studio Alam, serta baru-baru ini akibat jebolnya tanggul Kali Laya, perumahan Cimanggis Country juga terendam.

Belum lagi perumahan yang dilanda longsor beberapa kali seperti Mutiara Depok ataupun Jatijajar.

Baca:
Kali Laya luber, rumah di bantaran Ciliwung waspada
Upaya perbaikan Tanggul Kali Laya terus dilakukan
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5861 seconds (0.1#10.140)