PHK massal, pabrik sabun didemo eks karyawan

Jum'at, 06 Desember 2013 - 15:36 WIB
PHK massal, pabrik sabun didemo eks karyawan
PHK massal, pabrik sabun didemo eks karyawan
A A A
Sindonews.com - Buntut pemecatan secara sepihak, ratusan buruh PT. Sinar Antjol yang tergabung dalam serikat Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI), menggelar aksi unjuk rasa di depan pabrik.

"Kami menuntut dipekerjakan kembali, ada 347 buruh yang di PHK sepihak, padahal yang kami tuntut selama ini hanyalah hak normatif yang tertuang dalam PKB," kata Aris Kristianto Ketua Puk SPSI, Jumat (6/12/2013).

Aris menambahkan dirinya dan rekan-rekan sudah melakukan unjuk rasa selama 16 hari. Unjuk rasa pertama di lakukan pada tanggal 13-16 November 2013.

Namun pada tanggal 21 November 2913, aksi unjuk rasa buruh malah dijawab pihak manajemen dengan PHK terhadap 47 buruh yang kebanyakan adalah anggota serikat dengan alasan sebagai menghasut.

"Lalu di aksi ke dua ada 301 karyawan yang di PHK ," tambahnya

Para buruh mengaku akan terus melakukan aksi sampai tuntutannya dipenuhi manajemen yaitu pencabutan surat PHK sepihak dan pembuatan PKB yang dirumuskan bersama antara buruh dengan perusahaan.

"Saya dan teman-teman bahkan sudah banyak yang belasan tahun bekerja untuk perusahaan ini, tapi apa saat kami menuntut hak normatif dalam PKB kami malah di PHK dengan dalih mangkir kerja karena berdemo," ucap Yadi, salah seorang buruh.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4855 seconds (0.1#10.140)