May Day, Massa Buruh Mulai Long March dari Balai Kota Jakarta ke Patung Kuda

Rabu, 01 Mei 2024 - 10:37 WIB
loading...
May Day, Massa Buruh Mulai Long March dari Balai Kota Jakarta ke Patung Kuda
Ribuan massa aksi dari Partai Buruh dan sejumlah elemen lainnya mulai melakukan long march yang dilakukan dari depan Balai Kota DKI Jakarta menuju Patung Kuda. Foto/Giffar Rivana/SINDOnews
A A A
JAKARTA - May Day , ribuan massa aksi dari Partai Buruh dan sejumlah elemen lainnya mulai melakukan long march yang dilakukan dari depan Balai Kota DKI Jakarta menuju Patung Kuda.

Setelah itu, mereka berencana melanjutkan long marchnya hingga depan Istana Negara yang terletak di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat,Rabu (1/5/2024).

Dari pantauan, long march sudah dilakukan sejak pukul 09.50 WIB, ribuan buruh berjalan membawa bendera dari masing-masing organisasi serikat buruhnya.

Petugas kepolisian pung mengawal pergerakan ribuan buruh tersebut hingga ke Patung Kuda. Terlihat juga massa aksi terus bertambah dengan bus-bus yang membawa massa buruh yang memasuki Jalan Medan Merdeka Selatan tepat di depan titik kumpul Balaikota DKI Jakarta.



Sebelumnya, Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan, May Day 2024 akan diselenggarakan di ratusan kota industri di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 200 ribu orang lebih akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain sebagainya," kata Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/4/2024).

Untuk di Jakarta, aksi akan dipusatkan di Istana Negara jam 09.30 - 12.30 WIB. Said Iqbal mengklaim sebanyak 50 ribu peserta aksi May Day di Istana akan bergerak ke Stadion Madya Senayan, merayakan May Day Fiesta.

Said Iqbal menjelaskan, ada dua tuntutan utama yang diserukan oleh peserta May Day 2024 di seluruh Indonesia, yaitu: Cabut Omnivus Law UU Cipta Kerja dan HOSTUM; Hapus OutSourcing Tolak Upah Murah.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)