200 ribu buruh siap turun tolak kenaikan BBM

Senin, 22 April 2013 - 18:32 WIB
200 ribu buruh siap...
200 ribu buruh siap turun tolak kenaikan BBM
A A A
Sindonews.com - Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI), akan menurunkan 200.000 buruh di Jakarta dalam aksi menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (ВВМ) pada May Day mendatang. Hal itu diungkapkan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea.

Ia memastikan, para buruh yang tergabung dalam MPBI yang terdiri dari tiga konfederasi besar yaiu KSPSI, KSPI dan KSBSI serta empat federasi non konfederasi akan turun ke jalan.

Menurutnya, jika memang pemerintah tidak merespon dengan baik, maka MPBI akan nekat menurunkan 10.000 massa di 20 provinsi.

"Untuk May Day 2013 kita akan turunkan sekitar 36 federasi. Selebihnya kita lihat respon pemerintah," tandasnyaa saat memberikan keterangan pers di Kantor KSPI di Jakarta, Senin (22/4/2013).

Ia menilai, kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM, tentunya akan sangat mempengaruhi daya beli kaum. Dalam aksi ini, lanjutnya, dipastikan tidak akan mengundang politisi.

“Aksi nanti bersih dari tunggangan Parpol apapun. Karena, sangat berbahaya jika aksi tersbut dijadikan alat mesin parpol,” ungkapnya.

Andi menegaskan, jika memang presiden tidak menanggapi hal ini, maka buruh tidak akan segan-segan untuk lakukan aksi mogok minimal tiga hari.

"Dari May Day secara terus kita akan meminta respon positif presiden. Jika tidak ada perubahan, puncaknya ada di tanggal 16 Agustus. Minimal kita akan mogok selama tiga hari," ancamnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5857 seconds (0.1#10.140)