Buruh minta pemerintah jalankan Jamkes

Rabu, 03 Oktober 2012 - 09:06 WIB
Buruh minta pemerintah jalankan Jamkes
Buruh minta pemerintah jalankan Jamkes
A A A
Sindonews.com - Puluhan buruh yang berasal dari berbagai serikat pekerja meminta pemerintah segera menjalankan jaminan kesehatan (Jamkes) pada 2014, dengan iuran jaminan kesehatan yang dibayar oleh para pengusaha.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, unjuk rasa yang dilakukan para buruh hari ini adalah untuk memperjuangkan nasib buruh yang selama ini terkesan di abaikan.

"Tuntutan kami adalah hapus outsourcing, tolak upah murah, dan jalankan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia pada 2014, dengan iuran jaminan kesehatan jamkes untuk buruh tetap dibayar oleh pengusaha," katanya kepada Sindonews di Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Sekedar diketahui, puluhan buruh dari berbagai serikat pekerja mulai berdatangan ke Jakarta. Mereka berkumpul di seputar bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk menunggu teman-teman mereka, dan menggelar aksi demonstrasi.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, tampak sekira 50 buruh mulai berkumpul. Mereka ada yang menggunakan sepeda motor dan bus. Para buruh tampak membawa bendera organisasi masing-masing, poster, spanduk dan perangkat aksi lainnya.

Sementara itu, personel keamanan dari pihak kepolisian sudah mulai melakukan penjagaan, dan mengamati langsung aksi buruh tersebut. Akibat aksi tersebut, terjadi kepadatan lalu lintas di sekitar tempat buruh berkumpul.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0833 seconds (0.1#10.140)